Pariwara
Buton

Pemkab Buton Bangun Pelabuhan Wisata di Teluk Pasarwajo

La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam proyeksinya, tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Pariwisata akan membangun pelabuhan wisata setara di Mentawai, Singapura dan Australia. Pelabuhan megah tersebut berlokasi di Teluk Pasarwajo. Bupati Buton, La Bakry, mengatakan, pelabuhan tersebut didesain untuk dibangun sebagai tempat persinggahan yacht atau kapal pesiar dari luar negeri yang masuk ke daerah penghasil aspal terbesar di Indonesia ini.

“Dengan event budaya tua Buton, kita mendapat dampak positif dengan dibangunnya Pelabuhan Marina di Teluk Pasarwajo. Ini dapat menunjang kegiatan pariwisata daerah,” ujarnya, Rabu (19/9). Buton-1 tersebut mengungkapan, digagasnya pembangunan pelabuhan wisata tersebut bermula pada perhelatan akbar Festival Pesona Budaya Tua Buton 2018. Saat itu lebih 30 yacht dari 12 negara asal Eropa dan Amerika sandar di Teluk Pasarwajo. Para wisatawan singgah menyaksikan event karya Umar-Bakry melalui Festival Pesona Budaya Tua Buton.

Sekalipum Festival Pesona Budaya Tua Buton tidak masuk dalam kalender Kementerian Pariwisata oleh Pemprov Sultra, akan tetapi kegiatan yang menampilkan berbagai budaya tua Buton ini diakui wisatawan mancanegara dan dunia. “Mereka memasukkan kegiatan itu di media internasional dan testimoni secara tertulis maupun melalui audio. Wisatawan asing tersebut juga mengaku merasa nyaman dan sangat menikmati keindahan Buton,” ungkap La Bakry.

Kadis Pariwisata Buton, Zainuddin Napa menambahkan, konsep desain pelabuhan wisata sudah diajukan dan diterima Kemenpar dan Bappenas. Selain itu, rencana pembangunan pelabuhan kapal itu sementara digodok DPRD. “Lahannya kami sudah persiapkan, hibah masyarakat kurang lebih empat hektare. Tapi itu belum cukup untuk pembangunan termasuk jalan masuk, pintu, tempat parkir, stasiun pengisian bahan bakar untuk melayani yacht, bengkel, maupun depot air bersih serta tempat istirahat. Sehingga kita butuh lahan secara keseluruhan kurang lebih 10 hektare,” jelasnya. Estimasi Zainuddin Napa, pembangunan pelabuhan wisata tersebut bisa menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 20 miliar. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top