Space Iklan
Pariwara
Kolaka Utara

Kolut Bidik Adipura Kelima

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah empat kali Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menoreh penghargaan dari pemerintah pusat melalui piala Adipura setelah mekar menjadi otorita mandiri, tahun 2003 lalu. Daerah seluas 3.391 kilometer persegi itu kembali mengincar predikat serupa untuk kelima kali. Penilaiannya dilakukan dalam waktu dekat ini.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kolut, Ramang, menjelaskan, penilaiannya tergantung pemerintah pusat kapan ke Kolut melakukan kunjungan. Sejauh ini dalam beberapa hari pihaknya hanya bersiap diri melakukan pembersihan di lapangan termasuk menyiapkan dokumen kelengkapan penilaian. “Kami incar yang kelima dan semoga tercapai lagi,” harapnya, Rabu (19/9).

Beberapa titik pantau tidak terlewatkan dari penataan, seperti kompleks pasar, tempat pembuangan akhir, kompleks pemukiman hingga tempat pembuangan sampah terpadu di sejumlah ruas jalan. “Warga mohon jangan membakar sampah. Cukup dibuang di tempat sampah karena petugas siap mengangkut,” imbaunya. Tak hanya itu, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kolut punya zona tanggung jawab masing-masing untuk dibersihkan. Total personel instansi tersebut saat ini 193 orang termasuk yang stand by di Lasusua, Lapai dan Totallang. Pada anggaran perubahan tahun ini pihaknya mengadakan tambahan peralatan delapan unit mesin pemotong rumput.

TPA di Totallang juga sementara tahap pembenahan pengolahan limbah dan pengerjaannya sedang berlangsung. Termasuk di Lapai, sudah ada UPTD yang menangani untuk memantau warga yang kerap membuang sampah di bahu jalan Trans Sulawesi. “Jangan mempermalukan Kolut khususnya pemerintah setempat dengan membuang sampah di jalan. Karena itu rute utama lalu lintas kendaraan dari provinsi tetangga. Kita harap partisipasi warga dalam menjaga kebersihan lingkungan,” tegas Ramang. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top