Pariwara
Edukasi

Dosen Poltekkes Kendari Penyuluhan di Desa Bajoe Indah

Agus Setiawan/Kendari Pos
Kepala Humas dan Kerja sama Poltekkes Kemenkes Kendari, Supiati, STP., MTP., saat memberikan penyuluhan tentang diabetes melitus di Balai Desa Bajoe Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Tingginya jumlah penderita diabetes melitus pada masyarakat pesisir pantai, terutama di Desa Bajoe Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, mendorong mahasiswa dan dosen Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kendari melaksanakan penyuluhan di kawasan tersebut.

“Kami memilih lokasi tersebut karena berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Sultra yang menunjukkan tingkat penderita diabetes melitus di kawasan pesisir sangat tinggi. Ini terbukti, saat melakukan penyuluhan, sekira 20 persen masyarakat di Desa Bajoe Indah menderita diabetes,” ungkap Dosen Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Kendari, Supiati, STP., MTP., Rabu (19/9).

Ia menjelaskan, umumnya penderita diabetes melitus di desa tersebut adalah manusia lanjut usia (Manula), karena usia tersebut sangat rentan terkena akibat kurang disiplinnya pola hidup, utamanya pola makan yang tidak seimbang.

“Kami hadir meberikan edukasi kepada masyarakat di desa itu, terutama dari pola makan mereka minimal memenuhi 4 unsur pokok makanan sehat dan seimbang, misalnya selain konsumsi karbohidrat seperti nasi atau umbi-umbian, juga diimbangi dengan mongonsumsi sayur dan buah plus susu sebagai unsur pelengkap,” terang Kepala Humas dan Kerja sama Poltekkes Kemenkes Kendari ini.

Selain melakukan penyuluhan terkait penyakit diabetes melitus, lanjut Supiati, pihaknya juga melakukan pemerikasaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Mulai dari pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan pemeriksaan kolesterol, “Dan hasilnya, kebanyakan masyarakat di desa itu menderita penyakit diabetes dan hipertensi,” bebernya.

Ia pun berharap setelah pelaksanaan kegiatan ini, masyarakat di Desa Bajoe Indah bisa merubah pola hidup terutama pola makan mereka selama ini, agar bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes, hipertensi maupun kolesterol, “Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan, dan yang menjadi sasaran adalah masyarakat di kawasan pesisir,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top