Pariwara
Kolaka Timur

DD Koltim Dimaksimalkan dengan Inovasi Desa

ILUSTRASI

KENDARIPOS.CO.ID — Program inovasi desa (PID) sangat bermanfaat dalam memacu kemajuan bangunan melalui bantuan dana desa (DD). Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, telah mengagas untuk mengoptimalkan pemanfaatan DD untuk pembangunan infrastruktur maupun pengembangan ekonomi serta sumber daya manusia di seluruh Indonesia.

“PID hadir sebagai langkah untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan DD dengan memberikan referensi dan inovasi pembangunan. Saya minta kepada kepala desa harus benar-benar mengelola DD dengan profesional dan tepat sasaran sesuai amanat undang-undang desa,” kata Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah saat membuka bursa inovasi desa, Rabu (19/9).

Menurutnya, selama ini kolaborasi pembangunan yang dilakukan Pemkab dan pemerintah desa telah terjalin dengan baik. “Inovasi desa ini dapat memberikan solusi bagi Pemdes bersama masyarakat. Salah satunya adalah dapat menyejahterakan rakyat. Maka penggunaan DD harus bagus dan transparan dan warga bisa bersama-sama memikirkan desanya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala DPMD Sultra, H. Tasman Taewa, mengatakan, bursa inovasi desa merupakan cara pemerintah pusat untuk membangun desa agar lebih maju dan mandiri sesuai potensi yang ada. Pj Bupati Konawe ini menjelaskan, kehadiran DD dapat meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi dengan sistem padat karya tunai. “Pekerjaan fisik diambil dari warga setempat sebesar 30 persen.
Manfaat DD secara baik dan profesional. Alhamdulillah dana pembinaan inovasi desa untuk Koltim kita alokasikan Rp 230 juta tahun ini,” tandasnya. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top