Pariwara
Kolaka

Bidan dan Penyuluh Pertanian tak Masuk Formasi di Kolaka, Guru Ahli PGSD Terbanyak di Wakatobi

Mujahidin

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar baik bagi warga Kolaka yang bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pemerintah Kabupaten Kolaka mendapat jatah sebanyak 174 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Saat ini Pemkab Kolaka melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mulai memersiapkan tahapan penerimaan CPNS.

Kepala BKPSDM Kolaka, Mujahidin mengungkapkan, dari 174 formasi tersebut didominasi oleh guru dan tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan apoteker. Ia mengatakan pada formasi CPNS kali ini, tidak ada jatah untuk bidan dan penyuluh pertanian. “Kami telah usulkan juga, tapi tidak disetujui,” bebernya, rabu (19/9).

Mantan Kabag Hukum Setkab Kolaka ini menambahkan, jumlah 174 tersebut sebenarnya sangat jauh dari harapan. Sebelumnya Pemkab Kolaka telah mengusulkan lebih dari 1.700 formasi. Meskipun demikian, pihaknya sudah sangat bersyukur dengan adanya kuota CPNS yang diberikan. “Memang ini jauh dari usulan kami. Tapi paling tidak, 174 ini nantinya sudah sangat membantu dalam pelayanan dan menjalankan program pemerintah,” tuturnya.

Mujahidin menambahkan, dari 174 formasi yang disediakan, terdapat 30 jatah bagi guru honorer K2. “Untuk K2 ini pendidikannya minimal strata satu sebelum November 2013,” jelasnya. Ia mengimbau seluruh warga Bumi Mekongga yang berkeinginan menjadi CPNS untuk segera mendaftar. “Untuk persyaratan, tahapan pendaftaran dan formasi CPNS yang lebih jelasnya, selain dapat dilihat disitus, juga dilihat di koran harian Kendari Pos,” ujarnya.

Sementara itu, 300 kuota CPNS untuk Wakatobi disambut bahagia masyarakat. Dari ratusan penerimaan abdi negara tahun ini, formasi tenaga guru ahli kelas pertama jurusan PGSD-S1 terbanyak diantara lainnya, yakni 51. Disusul tenaga guru agama Islam sebanyak 41 orang, guru bahasa Indonesia sebanyak sembilan orang, guru bahasa Inggris tujuh orang, guru matematika tujuh orang dan lainnya. Penerimaan tenaga guru pada seleksi CPNS tahun 2018 di Wakatobi memang terbanyak yakni 150 formasi. Ada juga empat formasi untuk tenaga guru IPS, tujuh formasi untuk guru PPKN, guru prakarya ahli pertama sebanyak tujuh orang, guru seni budaya 11 orang dan lainnya.

“Formasinya saya sudah tanda tangan dan stempel untuk diumumkan,” ungkap Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu. Ia menambahkan setelah pengumuman formasi, tahapan selanjutnya adalah pendaftaran secara online dan serentak. Selain tenaga pendidik, paramedis juga cukup banyak kuotanya, yakni 90 orang. Sementara tenaga teknis ada 59 formasi. Sayangnya, untuk K2 hanya satu formasi saja. “Untuk K2 kita usul 500 tapi kita hanya diberi satu formasi saja. Kita berharap jika masyarakat ingin mengikuti tes CPNS sebaiknya lengkapi berkas dan segera mendaftar secara online. Kita berharap yang terbaik,” paparnya. (b/fad/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top