Pariwara
Politik

Terlambat Serahkan LADK, Parpol Bakal Kena Sanksi

Muhammad Azwar

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang pelaksanaan kampanye, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe meminta partai politik (Parpol), segera menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) sebelum 22 September 2018. Bila terlambat, maka Parpol terancam dibatalkan keikutsertaannya dalam wilayah tertentu.

Ketua KPUD Konawe, Muhammad Azwar mengatakan semua Parpol wajib menyerahkan LADK. Namun hingga kini, belum ada satupun Parpol yang menyetorkan laporan tersebut. Padahal, sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis pelaporan dana kampanye dalam Pemilu. Diantaranya, hal-hal teknis yang boleh dilakukan dalam pengelolaan dana kampanye, termasuk beberapa larangan bagi calon legislatif maupun partai peserta Pemilu.

“Saya minta laporannya segera diserahkan. Tidak hanya sekedar melaporkan, peserta Pemilu juga harus mematuhi batasan-batasan sumbangan dana kampanye,” kata Muhammad Azwar saat ditemui Kendari Pos, Selasa (18/9).

Adapun batasan penerimaan sumbangan dana kampanye yakni, sumber dari sumbangan dari pihak asing, penyumbang yang tidak jelas dan menerima sumbangan hasil tindak pidana yang telah terbukti. Selain itu, peserta Pemilu dilarang menerima sumbangan dari pemerintah, pemerintah daerah, pemerintah desa, BUMN, BUMD, BUMDes, dan sebutan lainnya.

“Semua penerimaan dana kampanye wajib dilaporkan ke KPUD. Khusus bagi sumbangan yang dilarang tersebut, harus diserahkan ke kas negara 14 hari setelah masa kampanye berakhir,” jelasnya.

Peserta Pemilu akan dikenakan dua sanksi apabila diketahui melanggar. Pertama, peserta Pemilu anggota DPR dan DPRD terlambat yang tidak menyerahkan LADK (Laporan Awal Dana Kampanye) sampai batas waktu yang telah ditentukan akan dibatalkan sebagai peserta Pemilu di pemilihan wilayah yang bersangkutan.

“Kedua, Parpol peserta Pemilu anggota DPR dan DPRD yang terlambat atau tidak menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPKD) sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan diberi sanksi, berupa pembatalan sebagai calon terpilih pada wilayah pemilihan yang bersangkutan” ujarnya mengingatkan. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top