Pariwara
Politik

Parpol di Konut Belum Serahkan RADK

Busran Halik

KENDARIPOS.CO.ID — Partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 wajib menyampaikan rekening awal dana kampanye (RADK) ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Utara (Konut). Dalam RADK telah includ dengan dana kampanye setiap calon anggota legislatif (Caleg).

“Besaran untuk RADK Parpol maksimal Rp 7,5 miliar sedangkan untuk caleg maksimalnya Rp 2,5 miliar. Bila mana laporan dana kampanye melebihi batas maksimal maka dana tersebut akan dikembalikan pada negara. Misalnya, dana kampanye caleg Rp 3 miliar berarti Rp 500 jutanya masuk ke kas negara bukan ke calegnya,” urai Busran Halik, Ketua KPUD Konut saat ditemui, Selasa (18/9).

Parpol dan caleg yang akan menggelar kampanye, nantinya bisa mengambil dananya di rekening kampanye. Namun dananya disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti dana untuk pembuatan spanduk atau baliho. Sebagai laporan awal, Parpol diwajibkan menyetor RADK. “Kalau berdasarkan tahapan, penyerahan RADK-nya paling terlambat tanggal 22 September atau satu hari sebelum masuk masa kampanye,” ujarnya.

Tidak hanya memasukan RADK, parpol maupun caleg juga diwajibkan memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP). Ini dilakukan untuk mengetahui bila mana ada pihak ketiga yang memberikan bantuan dana pada parpol atau caleg yang bersangkutan. “Untuk saat ini belum ada yang menyampaikan RADK. Masih sebatas konsultasi,” pungkasnya. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top