Pariwara
Politik

Memulai Kampanye, Parpol Teken Pemilu Damai

KENDARIPOS.CO.ID — Masa kampanye akan dimulai tanggal 23 Septermber 2018. Sebelum memasuki kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra berencana menggelar deklarasi Pemilu damai. Tema yang diusung pada kegiatan yang akan dipusatkan di kawasan tugu religi ini menolak hoax, politisasi SARA dan politik uang untuk menjadikan Pemilu berdaulat sehingga negara kuat.

“Sebelum mengawali kampanye, kami akan minta komitmen partai politik (Parpol) peserta Pemilu. Makanya, dalam deklarasi Pemilu damai nantinya akan ditandai dengan penandatangan komitmen bersama,” ujar Al Munardin, Komisioner KPU Sultra ditemui saat sosialisasi tahapan kampanye Pemilu tahun 2019 di Hotel Horizon Kendari, Selasa (18/9).

Selain Parpol lanjut Koordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Sultra ini, deklarasi ini juga akan dihadiri unsur pemerintah daerah (Pemda), TNI-Polri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), LO calon anggota DPD RI hingga perwakilan KPU kabupaten/kota se-Sultra. Karena pentingnya acara tersebut, ia berharap semua Parpol hadir mengutus perwakilannya.

“Tapi kami tetap memberi batasan. Setiap parpol maksimal bisa membawa massa 20 orang. Demikian halnya dengan Balon DPD RI. Rencananya, Kapolda Sultra akan hadir,” ujar mantan Ketua KPUD Muna Barat (Mubar) ini.

Pada kegiatan sosialisasi ini sambungnya, pihaknya lebih menekankan Parpol peserta Pemilu bisa memahami regulasi dalam berkampanye. Misalnya, melaporkan tim kampanyenya dan lainnya. Termasuk kepala daerah yang merupakan kader parpol tidak boleh menjadi ketua tim kampanye kecuali harus cuti dari jabatannya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top