Pariwara
Politik

KPUD Konkep Temukan 21 Pemilih Sudah Meninggal Dunia

Darman

KENDARIPOS.CO.ID — Indikasi masih adanya pemilih bermasalah dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Konawe Kepulauan (Konkep) memang benar. Hasil pencermatan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Konawe Kepulauan (Konkep), ditemukan 21 pemilih yang sudah meninggal dunia dan 135 pemilih ganda.

“Setelah kami kroscek di lapangan, kami temukan 21 pemilih yang sudah meninggal masih terdaftar dalam DPT. Karena tidak memenuhi syarat lagi langsung dihapus,” beber Darman, Komisioner KPUD Konkep saat ditemui Kendari Pos, Selasa (18/9).

Verifikasi vaktual yang dilakukan KPU sambungnya, merujuk pada rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Parpol. Bawaslu merekomendasi 620 pemilih ganda sementara Parpol 868 pemilih bermasalah. Dari 1.488 pemilih yang direkomendasikan, hanya 156 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). Selain pemilih meninggal dunia, pihaknya juga menemukan 135 pemilih ganda. Hasil verifikasi ini telah dilakukan secara berjenjang mulai dari PPS dan PPK.

Dengan adanya pencoretan ini kata dia, maka DPT Konkep berubah. Bila sebelumnya, DPT Konkep sebanyak 25.159 pemilih kini terisa 25.003 pemilih. “Hasil perbaikan DPT-nya telah kita plenokan. Tidak hanya DPT, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pun telah ditetap sebanyak 130 titik,” ujarnya.

Dalam proses pencermatan, Koordinator Divisi Perencanaan Program Data Organisasi dan SDM ini mengaku turut menggandeng Bawaslu dan Parpol. Makanya, hasil verfikasi dan pemutakhiran DPT tidak ada kendala. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top