Pariwara
Kolaka Utara

Diskominfo Kolut Kampanye Bijak Bermedsos

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
MEDSOS : Para pelajar SMAN 1 Pakue setelah mendapat edukasi cara bermedsos yang bijak dari Diskominfo Kolut.

KENDARIPOS.CO.ID — Penggunaan media sosial di kalangan pelajar dan remaja, kian aktif dilakukan serta tanpa batas. Kondisi tersebut membuat pentingnya bimbingan agar para remaja tak larut dengan informasi bohong (hoax) yang bertebaran di dunia maya. Pihak Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengambil peran tersebut dengan bergerak ke sekolah-sekolah. Kehadiran mereka untuk memberikan edukasi bagaimana menggunakan media sosial dengan baik dan merespon bijak informasi yang diterimanya.

Sekretaris Diskominfo Kolut, Sudirman Alimuddin Page, menjelaskan, meskipun labelnya sosialisasi di lapangan namun tidak identik dengan penyampaian materi satu arah. Selain disisipi game, kuis serta diskusi kelompok membuat status positif di medsos, pihaknya juga menggelar pemutaran video edukatif bermedsos. “Dalam setiap pertemuan siswa senang karena tidak merasa waktu sudah habis,” puasnya, Selasa (18/9). Menurut Alimuddin, sosialisasi bermedsos yang baik ini menyasar lima sekolah yakni SMAN 1 Pakue, Kodeoha dan Lasusua serta SMK 1 Maruge dan juga SMK Lasusua.

“Kami perkenalkan mereka konten hoax dan cara menanggapinya serta dibekali juga pemahaman sanksi hukum jika menyebar info bohong yang diatur dalam UU ITE,” tuturnya. Kedepan, Kominfo juga akan menyasar sekolah pada jenjang SMP. Sebelum aktif bermedsos perlu dibina lebih dini. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top