Pariwara
Muna Barat

458 Warga Mubar Terima BSPS

YAFRUDDIN YADDI/KENDARI POS
BSPS : Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada (keempat dari kanan) berpose bersama usai menyerahkan secara simbolis BSPS pada warga penerima bantuan.

KENDARIPOS.CO.ID — Penataan wilayah dan kawasan pemukiman di Muna Barat (Mubar) sedang dimaksimalkan Bupati, LM Rajiun Tumada. Terbaru, daerah yang baru mekar tiga tahun tersebut mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) bagi masyarakat Mubar yang kediamannya tak layak huni. Bantuan itu bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Secara simbolis, penyerahan bantuan diserahkan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada pada 458 warga penerima.

“Dua tahun lalu, Mubar menerima bantuan 250 unit. Kemudian 2017 kebagian 200 unit. Tahun 2018 ini naik menjadi 458 unit. Saya berharap masyarakat mempergunakan dana sesuai perencanaan yang ada. Jangan lagi merubahnya,” tegas Rajiun, selasa (18/9). Sementara itu Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mubar, La Butolo, mengatakan, program itu bersumber dari APBN reguler dan strategis serta Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Sultra.

Dari jatah yang ada, pihaknya membagi alokasi BSPS pada sejumlah wilayah. Kecamatan Lawa 90 unit, Wadaga 135 unit, Tiworo Selatan 133 unit. Sementara untuk Kecamatan Barangka ada 20 unit, Tiworo Utara 40 unit dan Kecamatan Maginti 40 unit. Anggaran BSPS setiap rumah sebanyak Rp 15 juta. Rp 12,5 juta sebagai pembeli material, sedangkan sisanya Rp 2,5 juta untuk biaya tukang. “Saya harap fasilitator mendampingi dengan baik agar pekerjaan dapat berjalan sesuai prosedur,” harap La Butolo.

Sementara itu, PPK Rumah Swadaya Sultra Musniar M. Silondae, menjelaskan untuk tahun 2019, pihaknya merencanakan bantuan perumahan sebanyak 2.000 unit di lima kabupaten. “Jadi kalau Mubar ingin mendapat bantuan pada tahun 2019, harus menyelesaikan rumah swadaya ini sebelum Oktober 2018. Kementerian PUPR telah menjanjikan kalau pekerjaan perumahan sukses, maka Mubar akan diikutkan dalam program Bank Dunia untuk 2.000 unit,” jelasnya. (b/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top