Pariwara
Politik

Soal Laporan Dana Kampanye, KPUD Busel Minta Peserta Pemilu Patuhi Aturan

KENDARIPOS.CO.ID — Regulasi tidak melarang peserta Pemilu menerima sumbangan. Hanya saja, sumber dan besaran dananya tetap dibatasi. Untuk besarannya, sumbangan maksimalnya Rp 25 miliar dari badan usaha non pemerintah dan Rp 2,5 miliar dari perseorangan. Selain itu, sumber sumbangan dana kampanye tidak boleh berasal dari luar negeri.

“Sumbangan dana kampanye itu ada aturannya. Tidak hanya jumlah dan sumbernya, pelaporannya pun harus terjadwal. Jadi semua peserta Pemilu harus taat. Sebab sanksinya cukup berat,” tandas Ari Ashari Apriadi, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton Selatan (Busel) saat dikonfirmasi, Senin (17/9).

Untuk memberi pemaham sambungnya, pihaknya telah melakukan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pelaporan dana kampanye. Sebab ada beberapa laporan yang harus dipahami peserta Pemilu mulai pembukaan rekening khusus dana kampanye (RKDK), laporan awal dana kampanye (LADK), laporan penerima sumbangan dana kampanye (LPSDK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

“Berdasarkan tahapan, laporannya harus diserahkan dalam waktu dekat ini. Semua laporannya nanti akan diinput melalui sistem informasi dana kampanye (Sidakam). Untuk memudahkan proses penginputan, kami telah melakukan sosialisasi dan Bimtek tentang pelaporan dana kampanye,” jelasnya.

Laporan dana kampanye ujarnya, akan diaudit kantor akuntan publik (KAP). Sesuai jadwal, audit LPPDK dimulai tanggal 25 Juni hingga 9 Juli 2018. “Saya berharap peserta Pemilu mampu melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye secara cermat,” ujarnya.

Sesuai tahapan, masa kampanye akan dimulai tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Harapannya, pesta demokrasi berjalan lancar dan bermartabat. Dalam melaksanakan kampanye, peserta Pemilu lebih mengedepankan ide dan gagasan.

“Untuk menjaga proses jalannya kampanye aman, kami ingin sampaikan masing-masing pihak bisa saling menjaga ketertiban bersama. Hindari black campaign atau negative campaign. mari kita lebih kita paparkan visi dan misi secara santun,” ujarnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top