Pariwara
Politik

Pemilih Buteng Berkurang 182 Jiwa

KENDARIPOS.CO.ID — Pencermatan ulang daftar pemilih tetap (DPT) Buton Tengah (Buteng) Pemilu 2019 menemukan 182 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). Sebagai besar diantaranya, adalah pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal dunia dan pindah domisili.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buteng, La Ode Nuriadin mengatakan proses verifikasi terhadap pemilih ganda dan TMS di DPT telah tuntas. Dari 509 pemilih yang diduga bermasalah, sebanyak 182 pemilih yang positif dicoret lantaran TMS. Sementara 327 pemilih lainnya hanya kesalahan penulisan.

“Awalnya, kami menerima 509 pemilih yang diduga ganda atau TMS. Namun setelah dilakukan pengidentifikasi di lapangan, hanya 182 yang bermasalah. Atas dasar itu, kami melakukan pencoretan yang disaksikan Bawaslu dan Parpol,” kata La Ode Nuriadin saat dikonfirmasi melalui telepon Senin (17/9).

Dalam proses verifikasi faktual sambungnya, KPU turut melibatkan Bawaslu dan Parpol. Untuk memastikan nama-nama yang direkomendasi Bawaslu, pihaknya turun langsung ke lapangan mulai tanggal 9-11 September lalu. Sebelum ditetapkan, DPT hasil perbaikan telah dipleno secara berjenjang melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Dengan adanya pencoretan, maka DPT Buteng berkurang. Bila sebelumnya berjumlah 76.398 jiwa, kini tinggal 76.216 pemilih. Selain itum pihaknya juga mengubah data sebanyak 104 pemilih yang masuk kategori ubah data. “jadi, DPT Buteng mengalami penurunan,” pungkasnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top