Pariwara
Edukasi

Mahasiswa UHO Dilatih Berwirausaha

Agus Setiawan/Kendari Pos
Ketgam: Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, S.Si., MT. (tengah) didampingi Guru Besar UHO yang juga mantan Rektor UHO, Prof. Dr. H. Usman Rianse, MS (kanan) saat pembukaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2018 yang berlangsung di ruang rapat senat Rektorat UHO, Senin (17/9) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Halu Oleo (UHO) sebagai Perguruan Tinggi (PT) terbesar di Sultra memiliki misi melahirkan generasi bangsa yang memiliki semangat juang yang tinggi, diri yang diselimuti dengan pemikiran-pemikiran kritis, kreatif dan inovatif. Tak hanya sebatas melahirkan alumni saja, UHO juga memiliki misi menciptakan mahasiswa yang mandiri.

Melalui program kewirausahaan, UHO berhasil membina mahasiswanya dari tahun-ketahun. Terbukti, beberapa mahasiswa sudah memiliki usaha berkat program kewirausahaan yang telah dicanangkan sejak tahun 2013 yang lalu. Tahun ini, UHO kembali menggelar pelatihan kewirausahaan kepada mahasiswa melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2018 yang berlangsung di ruang rapat senat UHO, Senin (17/9)lalu.

Pendaftaran program ini awalnya sudah dibuka secara resmi oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, MSi., MSc., beberapa waktu yang lalu, dimana setiap mahasiswa UHO berhak mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program tersebut. Tahun ini, kurang lebih sebanyak 134 mahasiswa mengajukan permohonan untuk mengikuti seleksi PMW berikutnya, dan setelah seleksi melalui beberapa seleksi, mulai dari seleksi berkas sampai dengan wawancara, hanya menyisahkan 60 orang yang sudah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti program kewirausahaan tahun ini.

Mahasiswa yang mengikuti program ini berasal dari seluruh fakultas yang ada di UHO kecuali dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi dan Ilmu Kebumian (FTIK) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). Nantinya, peserta akan mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (PK2M) UHO yang berlangsung tanggal 17-20 September 2018.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, S.Si., MT., saat membuka pelatihan program PMW Tahun 2018 ini mengatakan, program ini merupakan agenda rutin UHO yang dirintis oleh Mantan Rektor UHO Prof. Dr. H. Usman Rianse, MS., sejak tahun 2013 yang lalu.

“Program ini sangat baik karena mengajarkan mahasiswa kita untuk mandiri. Setidaknya untuk keperluan sehari-hari mahasiswa tidak perlu membebankan biaya hidupnya kepada orang tua,” ujarnya. Hamimu berharap, melalui PMW ini, mahasiswa tidak memiliki pola pikir sebagai pencari kerja lagi atau bercita-cita sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), melainkan mahasiswa sudah bisa menjadi pencipta lapangaan kerja. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top