Pariwara
Nasional

Jamaah Haji Kloter Terakhir Pulang Kampung, Hindari Penyakit Endemik, Harus Aktif Cek Kesehatan

PULANG TERAKHIR: Jamaah haji asal Kolaka Utara saat diterima di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (17/9). Mereka kelompok terbang (kloter) terakhir yang pulang ke kampung halaman. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 216 jamaah haji asal Kolaka Utara (Kolut) menjadi jamaah haji terakhir Sulawesi Tenggara (Sultra) yang kembali ke tanah air. Mereka tiba di Embarkasi Makassar, Senin (17/9), pukul 10.30 Wita dan disambut langsung Asisten 1 Pemkab Kolut.

Setelah beristirahat beberapa saat, jamaah haji dari otorita Nur Rahman Umar itu kembali ke daerahnya, Selasa (18/9), pukul 01.00 Wita lewat darat. Jamaah haji Kolut tergabung di Kloter 24 bersama dengan jamaah dari Pangkep, Sulawesi Selatan. Warna-warni pakaian yang mencolok membuat kelompok ini berbeda dengan jamaah Sultra lainnya saat acara penerimaan. Namun bagi warga Sulsel itu pemandangan yang jamak.

Meski pulang sesuai dengan manifest, tidak berarti kondisi jamaah seluruhnya baik. Beberapa jamaah harus dipapah jamaah lainnya saat menuju aula penerimaan. Mereka tampak kelelahan setelah menempuh perjalanan kurang lebih 10 jam dalam pesawat. Bahkan, satu jamaah terpaksa harus dirawat di klinik embarkasi sesaat setelah turun dari pesawat. Namanya, Hj. Sumiati. Dia dirawat karena kesulitan berjalan sejak di Tanah Suci.

“Saya rematik, sejak di Makkah tidak bisa jalan, makanya pakai kursi roda terus. Kuasa Tuhan, Alhamdulilah saya bisa selesaikan rangkaian haji,” kata Hj Sumiati saat ditemui di klinik, Senin (17/9).

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top