Pariwara
Konawe Utara

Infokom Konut : BTS Segera Dibangun di Labengki

Ilham

KENDARIPOS.CO.ID — Akses informasi di Kecamatan Lasolo Kepulauan, Konawe Utara (Konut) selama ini, masih sulit dijangkau. Itu karena tak adanya menara jaringan di wilayah tersebut. Padahal Lasolo Kepulauan dikenal memiliki potensi pariwisata, khususnya di Desa Labengki. Menjawab kebutuhan tersebut, Pemkab Konut mulai merealisasikan pendirian base transceiver station (BTS) untuk kepentingan sarana informasi dan jaringan.

Beberapa hari lalu, Dinas Komunikasi dan Informatika telah melakukan peninjuan lokasi di Desa Labengki, untuk rencana pendirian BTS oleh PT Tower Bersama Group (TBG). “Saat ini PT TBG sementara merampungkan administrasi untuk mendapatkan legalitas izin mendirikan bangunan (IMB) pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Konut. Karena tidak bisa mendirikan bangunan tanpa IMB,” ujar Kabid Komunikasi, Ilham, Senin (17/9).

Ia menjelaskan untuk tower jaringan sementara di Desa Labengki telah berdiri. Namun pihak PT TBG segera mendirikan BTS secara permanen setelah mengantongi semua perizinan. “Beberapa hari yang lalu sudah kita cek lokasi pendirian TBS di Desa Labengki. Jarak dari pemukiman 130 meter, itu sudah sesuai,” sambungnya. Ilham menuturkan, bila tak ada rintangan, rencana pendirian BTS akan dilakukan Oktober mendatang.

Maka diproyeksi, November nanti jaringan komunikasi dan internet di Kecamatan Lasolo Kepulauan sudah bisa dimanfaatkan untuk kepentingan komunikasi. Ilham menambahkan setelah pendirian BTS di Desa Labengki, pendirian BTS selanjutnya akan didirikan di Kecamatan Wawolesea, Oheo, Wiwirano dan Sawa. Pasalnya, ada sebagian wilayah pada daerah itu yang belum mendapatkan jaringan telekomunikasi. “Kemungkinan tahun 2019 mulai didirikan BTS bagi daerah yang belum mendapatkan jaringan,” pungkasnya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top