Space Iklan
Pariwara
Wakatobi

Festival Barata Kahedupa di Wakatobi Resmi Dibuka

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
BATARA KAHEDUPA : Festival Barata Kahedupa yang ketiga resmi dibuka Bupati Wakatobi, H. Arhawi, senin (17/9). Sejumlah kegiatan akan dihelat dalam event budaya tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Festival Barata Kahedupa resmi dibuka Bupati Wakatobi, H. Arhawi. Kegiatan yang telah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut ini kini dihelat di Kecamatan Kaledupa. Arhawi menyebut, adat Barata Kahedupa sebagai pemersatu masyarakat. “Kegiatan adat yang dilaksanakan hari ini bukan hanya pada proses karia’a tetapi juga Barata Kahedupa akan menjadi simbol pemersatu adat Kaledupa,” jelasnya, Senin (17/9). Baginya, Barata Kahedupa melahirkan ide dan gagasan sehingga bisa menjadi rumusan yang baik di tengah-tengah masyarakat.

“Tentu saja adat Barata Kahedupa harus kita jaga dan lestarikan. Bukan hanya sebatas adat Karia’a melainkan menjadi pemersatu adat di Kaledupa yang kita cintai ini,” sambungnya. Selain itu, ia mengungkapkan para pemangku adat akan mendapat apresiasi. Tahun depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi akan memberikan insentif kepada jajaran Barata Kahedupa. “Jika tidak bertentangan dengan pengelolaan keuangan daerah, kita akan memberikan insentif pada jajaran Barata Kahedupa,” tambahnya.

Baginya, pemangku adat perlu diapresiasi karena telah menjadi orang tua yang memperjuangkan kebaikan di tengah-tengah masyarakat. “Lakina Wanse, Tomia hingga Binongko juga akan diperlakukan sama,” tambahnya. Sementara itu, Camat Kaledupa, Surdani menambahkan, rangkaian Barata Kahedupa pada dasarnya telah berlangsung pada tanggal 25 Agustus lalu yang dimulai dengan proses hengkede’a. Acara puncak berlangsung tiga hari, yakni henauka moane sekaligus acara pembukaan pada hari Senin (17/9) dan henauka wowine pada hari Selasa (18/9) serta penutupan pada tanggal 19 September.

“Tanggal 25 Agustus proses pelaksanaan Festival Barata Kahedupa sudah dimulai. Proses hengkedea yang dilakukan di Kamali Kaledupa yang ditandai dengan pemukulan gendang. Rangkaian pesta adat karia’a berjalan lancar hingga hari ini. Puncak kegiatan diselenggarakan pada tanggal 17-19 September. Alhamdulillah acara pembukaan berlangsung lancar dan kita harap sampai penutupan juga seperti ini,” harapnya.

Sekadar diketahui, Wabup Wakatobi, Ilmiati Daud dan Ketua DPRD, Muh. Ali bersama anggotanya serta Sekretaris Kabupaten, Muh. Ilyas Abibu, termasuk para Kepala OPD Wakatobi, forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), tokoh adat hingga tokoh masyarakat, hadir dalam kegiatan tersebut. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top