Space Iklan
Pariwara
Politik

Tidak Memenuhi Syarat, 185 Pemilih di Konawe Dihapus

Ilutrasi Daftar Pemilih

KENDARIPOS.CO.ID — Selama masa pencermatan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe menemukan sebanyak 185 pemilih bermasalah. Dari jumlah itu, sebanyak 92 pemilih dan dan 93 pemilih yang sudah meninggal dunia. Pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) selanjut dihapus dalam DPT. Dengan adanya pencoretan tersebut, secara otomatis DPT Konawe berkurang.

Komisioner KPUD Konawe, Andang Masnur mengatakan penghapusan DPT dilakukan atas hasil pencermatan KPU bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe dan partai politik (Parpol) peserta Pemilu. Upaya ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran (SE) KPU RI nomor 1.033 tentang penyempuraan DPT yang telah ditetapkan bulan Agustus lalu.

“Dari hasil pencermatan, kami dapatkan ada beberapa nama pemilih yang ganda. Untuk memastikan hal itu, kami instruksi panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) turun melakukan verifikasi faktual di lapangan. Dalam proses pengecekan, kami turut menggandengan Panwascam maupun perwakilan Parpol,” ujar Koordinator Divisi Data dan SDM KPU Konawe, Minggu (16/9).

Dari hasil verifikasi langsung di lapangan oleh penyelenggara tingkat kecamatan maupun desa, ditemukan 92 nama yang ganda dan 93 pemilih yang meninggal dunia. “Sebelumnya kami melakukan pencermatan bersama Bawaslu, Senin 10 september lalu. Kemudian, penghapusan data bersama dilakukan pada Rabu 12 September, dan Pleno rekapitulasi DPT hasil perbaikan pada tanggal 13 September,” terangnya.

Dengan adanya penghapusan 185 pemilih kata dia, DPT Konawe mengalami penyusutan. DPT Konawe yang sebelumnya sebanyak 165.720 pemilih, kini berkurang menjadi 165.535 pemilih. “Jadi DPT Konawe berkurang dari sebelumnya,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top