Pariwara
Metro Kendari

Plt Walikota Kendari Ikut Bersihkan Kali Mandonga

Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir turun membersihkan Kali Mandonga. Aksi Sulkarnain Kadir itu untuk menstimulasi kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah domestik ke kali.

KENDARIPOS.CO.ID — Tingginya endapan kali atau sungai acapkali menghambat arus air sehingga memicu terjadinya banjir. Kondisi itu diperparah lagi dengan ulah warga yang membuang sampah domestik ke kali. Tentu saja, daya tampung kali semakin. Kebersihan lingkungan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah. Warga sekitar yang terkena dampak langsung dari meluapnya air sungai, banjir dan pencemaran lingkungan karena sampah harus ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan. Sabtu pagi lalu, warga itu di sekitar Kali Mandonga turun membersihkan sampah yang mengendap di dasar kali.

Menariknya, Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir ikut serta di tengah-tengah warga. Sulkarnain Kadir hadir bukan meninjau. Berbekal alat pengais dan sepatu boot anti air, Wakil Wali Kota Kendari itu mengumpulkan sampah-sampah bersama warga. “Pagi hari di akhir pekan, biasanya memang warga di sini bergotong royong kerja bakti bersih lingkungan. Ini adalah kebiasaan yang baik dan perlu untuk terus dijaga, karena kota ini milik bersama,” ujarnya.

Di Kali Mandonga kata dia, endapan lumpur dan sampah menjadi salah satu masalah yang perlu penanganan berkelanjutan. Jika masih bisa ditangani manual kata dia bisa dilakukan dengan gotong royong, jika tidak maka bisa dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. “Kita punya alat berat untuk mengeruk,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Pasangan Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra itu mengajak seluruh warga Metro Kendari untuk terus menghidupkan budaya gotong royong membersihkan lingkungan. “Mari bersama kita hidupkan kebiasaan kerja bakti di lingkungan masing-masing. Jaga kebersihan dan keindahan lingkungan untuk kota kita ini,” imbaunyaSementara itu, Plt.Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Aminuddin mengatakan aksi bersih-bersih kali ini akan dimaksimalkan. Ini akan menjadi agenda rutin tiap minggu. “Nantinya masyarakat ikut ambil bagian dalam menciptakan lingkungan yang bersih,” ujar Aminuddin. Dia mengapresiasi terobosan Plt.Wali Kota untuk mengadakan bak sampah dan becak sampah. Becak sampah akan menggantikan motor sampah yang biaya operasionalnya cukup mahal. Dia yakin becak sampah akan memaksimalkan pengangkutan sampah. (lyn/p1/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top