Pariwara
Politik

Plt Walikota Kendari Ajak Semua Elemen Ciptakan Pemilu Damai

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi masa kampanye, Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnian Kadir mengajak semua pihak menciptakan Pemilu damai dan sejuk. Parpol dan seluruh kadernya harus berkompetisi secara sehat. Tawarkan dan sajikan masyarakat melalui ide-ide yang bisa membangun daerah dan bangsa. Dengan begitu, masyarakat bisa dicerdaskan.

“Mari kita songsong Pemilu damai. Mewakili Pemkot Kendari, kami siap memfasilitasi. Silahkan berbeda pandangan politik namun kita semua semua bersaudara, warga kendari. Untuk itulah, mari jaga kondusifitas daerah sehingga pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan lancar,” pesan pasangan ADP ini saat menghadiri deklarasi Pemilu damai di pelataran eks MTQ, Minggu (16/9).

Komitmen ini kata dia, harus diaplikasikan secara nyata. Tidak hanya sekedar deklarasi berupa surat pernyataan. Sebab komitmen itu baru akan dibuktikan saat masa kampanye tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Untuk itulah, butuh komitmen yang tulus untuk menciptakan Pemilu damai.

Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi menegaskan siap mengawal pesta demokrasi lima tahunan ini. Sebagai aparat negara, pihaknya siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama tahapan Pemilu 2019 berlangsung. “Kami khusus keamanan (Polres Kendari) sekaligus mewakili Damrem bersepakat untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019,” tegasnya.

Ia berharap semua pihak mampu menjaga komitmen ini. Jika ada riak, segera dikoordinasikan. Sebab untuk menciptakan situasi aman, damai dan sejuk memang perlu adanya sinergitas agar setiap persoalan muncul bisa segera diselesaikan.

“Saya harapkan di kota Kendari tidak terjadi riak. Marilah kita jaga kota Kendari yang tetap religius tanpa permasalahan. Kendati berbeda pilihan, tapi ketahui kita semua bersaudara dan berkeluarga. Sebab berbeda pendapat atau pilihan itu adalah hal wajar,” bebernya.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh berharap pelaksanaan Pemilu harus diciptakan layaknya pesta rakyat atas kebebasan berpendapat dan demokrasi. Untuk itulah, yang dimunculkan yaitu euforia kebahagian bukanlah konflik. Untuk itulah, Parpol dan kandidat harus mampu memberi edukasi pada konstituennya untuk bisa menjaga kedamaian dan ketentraman.

“Sebagai penyelenggara, kami berkomitmen akan mengedepankan sikap profesionalisme dalam menjalankan semua tahapan sesuai amahan yang diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017. Mari buktikan demokrasi yang berlangsung dengan baik,” ajaknya.

Dalam deklarasi damai tersebut, semua elemen masyarakat termasuk parpol menyatakan sikap menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk pada Pemilu 2019. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatangan komitmen di spanduk yang disediakan panitia. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top