Pariwara
Politik

Parpol Diingatkan Segera Menyerahkan LADK

Aminuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Sebelum memasuki masa kampanye, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana mengingatkan partai politik (Parpol) peserta Pemilu segera melaporkan Laporan Awal Dana kampanye (LADK). Jika tidak dilaporkan, Parpol akan didiskualifikasi sebagai peserta Pemilu.

“Kami tekankan pada peserta Pemilu agar menyerahkan LADK-nya tepat waktu. Sesuai jadwal, paling lambat pukul 18.00 Wita tanggal 23 September 2018 sudah harus disetor. Sebagaimana PKPU nomor 29 tahun 2018 tentang perubahan PKPU nomor 24 tahun 2018 tentang dana kampanye Pemilu, peserta Pemilu yang tidak menyerahkan laporannya akan dicoret,” tegas Aminuddin, Ketua KPUD Bombana, Minggu (16/9).

Untuk terhindar dari sanksi itu, ia meminta seluruh peserta pemilu segera menyerahkan LADK sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Pihaknya memberi waktu selama sepekan untuk peserta Pemilu menyampaikan LADK-nya dengan merinci sumbangan dana kampanye baik laporan penerimaan dan pengeluaran.

“Waktunya tinggal sepekan. Makanya, kami ingatkan agar laporannya bisa disetor hingga tanggal 22 September di KPU agar tidak lagi kerepotan diakhir waktu yang ditentukan,” pintanya.

Meskipun aturan memberi ruang Parpol menerima sumbangan, namun tetap ada pembatasannya. Sumbangan dana kampanye tidak boleh berasal dari pihak asing. Nilai sumbangannya pun dibatasi. Dalam aturan, sumbangan dana kampanye perseorangan maksimal Rp 2,5 miliar, sedangkan sumbangan dana kampanye yang berasal dari kelompok, perusahaan, atau badan usaha nonpemerintah tidak boleh melebihi Rp 25 miliar.

“Untuk proses pemeriksaan laporannya kami akan menunjuk akuntan publik untuk mengaudit. Jika kami temukan di atas ketentuan yang ada, maka dana itu akan dikembalikan ke kas negara,” tutupnya. (b/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top