Pariwara
Politik

KPUD Kolut Sosialisasi Aturan Kampanye

SOSIALISASI : Ketua KPUD Kolut, Susanti Ernawati (tengah) memberi pengarahan saat sosialisasi kampanye Pemilu 2019 di salah satu hotel di Lasusua, Sabtu (15/9). FOTO: MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Masa kampanye akan dimulai tanggal 23 September. Menghadapi tahapan ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Utara (Kolut) mulai melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan kampanye pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) maupun pemilihan presiden (Pilpres). Hal ini tak lain untuk memastikan masa kampanye berlangsung aman, lancar dan berkeadilan.

Ketua KPU Kolut, Susanti Ernawati berharap masa kampanye ini benar-benar dimanfaatkan peserta Pemilu. Namun tetap mengacu pada aturan. Sebab ada batasan yang harus dipatuhi baik jadwal, waktu, tempat dan metode kampanye.

“Sesuai tahapan, tanggal 23 September baru dimulai. Jadi jangan coba-coba mencuri start. Sebab ada konsekuensinya. Untuk lokasinya, kami akan tentukan termasuk titik pemasangan alat peraga kampanye,” ujarnya saat membuka Sosialisasi Kampanye Pemilu 2019 di salah satu hotel di Lasusua, Sabtu (15/9).

Koordinator Divisi Teknis KPU Kolut, Sumardin Pere berharap Parpol peserta Pemilu tidak hanya fokus mendongkrak suaranya, namun juga turut membantu penyelenggara dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Pasalnya, salah satu indikator kesuksesan Pemilu yakni tingkat partisipasi pemilih.

“Pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra lalu, tingkat partisipasi pemilih hanya berkisar 76 persen. Di Pemilu mendatang, kami targetkan bisa naik di atas 80-an persen,” ujarnya.

Sebelum memasuki masa kampanye, ia juga mengingatkan Parpol untuk segera menyerakan laporan dana kampanyenya. Sebab sanksi bagi Parpol yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye sangat berat yakni didiskualifikasi sebagai peserta Pemilu.

Acara sosialisasi ini turut dihadiri perwakilan Pemkab Kolut, Polres, Bawaslu dan Parpol peserta Pemilu. Pemkab Kolut diwakili sekretaris daerah (Sekda), Ashar dan sejumlah pejabat lainnya seperti Kepala Kesbangpol dan Kasat Pol PP Kolut. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top