Pariwara
Metro Kendari

Kepala BKPSDM Sultra : PNS di Penjara Dua Tahun Bisa Langsung Dipecat

Kepala BKD Sultra, Endang

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Badan Kepegawaian Nasional belum lama ini menggelar pertemuan. Itu terkait dengan penegakkan sejumlah peraturan pemerintah mengenai ASN. Salah satu poin yang disepakati tiga institusi itu yakni penegakkan hukum terhadap ASN yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan dan sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

Kebijakan itu berlaku khususnya untuk oknum yang melakukan tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan yang diembannya. “Yang ada hubungannya dengan jabatan itu misalnya menyalahgunakan wewenang, korupsi, gratifikasi dan lainnya. Kalau menabrak atau mencuri tidak masalah karena itu di luar jabatan,” jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Sultra, Nur Endang Abbas, Sabtu (15/9/2018)

BKPSDM Sultra segera menginventarisir oknum ASN vonisnya sudah berkekuatan hukum tetap. Sekaligus juga mengingatkan yang lain untuk berhati-hati dalam melakukan tugas dan fungsinya. Terlebih yang berhubungan langsung dengan keuangan. “Kita akan segera inventarisir. Mereka pasti langsung diberhentikan. Itu bukan kita yang berhentikan ya, tapi aturan,” tegas Endang. Dia menambahkan, sebenarnya aturan itu sudah lama. Hanya saja penegakkannya belum maksimal sebab masih dianggap multitafsir oleh berbagai pihak. “Banyak yang terlepas dan tidak kena hukuman, maka atas dorongan KPK, aturan ini lebih dipertajam lagi,” ungkapnya.

Menurut Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sultra ini, sebelumnya mereka yang divonis bersalah hanya akan dipecat bila masa kurungannya di atas lima tahun. “Sekarang tidak begitu. Dua tahun saja tetap atau bisa langsung dipecat, kalau memang kasusnya itu terkait jabatan,” imbuh Endang. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top