Pariwara
Nasional

ICW: Pemerintah Tak Serius Urus Koruptor

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Temuan Ombudsman RI di sel Setya Novanto saat sidak di Lapas Sukamiskin mendapat komentar berbagai pihak. Indonesia Corruption Watch (ICW) menganggap pemerintah tak pernah serius memberikan efek jera kepada para koruptor. “Ini sebenarnya tidak pernah menjadi pemikiran serius pihak pengadilan, maupun Kemenkum HAM,” kata Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz, Minggu (16/9).

Donal mengatakan, perilaku istimewa kepada Setya Novanto tidak mungkin muncul jika tidak dari pihak lapas. Menurutnya, hal ini terjadi karena adanya upaya, sikap, kompromi dugaan kongkalikong Setya Novanto dengan oknum tertentu. “Ini rahasia umum kan,” ujarnya. Donal menambahkan, fasilitas lapas untuk para koruptor butuh perbaikan serius dalam hal manajemen . Jangan sampai terjadi ketidakadilan antara kejahatan korupsi dengan kejahatan lainnya seperti maling, perampok, atau kejahatan teroris.

“Lapas butuh pembenahan serius dari segi manajemen fasilitas. Masak iya ada perbedaan langit-bumi, di kasus kejahatan lain, orang berdesak-desakan ingin tidur. Ini problem masif, nggak hanya Sukamiskin, tapi di banyak lapas masih seperti itu,” ujarnya. Menkum HAM, kata dia, harus cepat menangani perkara itu dan melakukan penegasan, penindakan terhadap orang yang memberikan fasilitas tersebut.

Ombudsman RI sebelumnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Sukamiskin Bandung. Pihak Ombudsman mendapati kamar mantan Ketua DPR Setya Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya. Sidak dilakukan oleh Ombudsman RI yang dipimpin anggota Ombudsman Ninik Rahayu pada Kamis (13/9) malam. Ninik didampingi 12 orang anggota Ombudsman lainnya.

“Ada kamar yang lebih luas. Itu dihuni oleh Pak Setya Novanto, memang lebih luas. Kalau ditanya ukuran bingung, pokoknya dua kali lipat,” kata Ninik di kantor Kemenkum HAM Kanwil Jawa Barat, Jalan Jakarta. (yuz/JPC)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top