Pariwara
Politik

DPT Koltim Berkurang 292 Jiwa

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT) Kolaka Timur (Koltim) telah rampung. Dari hasil identifikasi, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat menemukan 292 pemilih ganda. Pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) selanjutnya dicoret dalam DPT.

Komisioner KPUD Koltim, Asri Alam Andi Baso mengatakan penghapusan 292 pemilih ganda ini telah melalui proses pencermatan dan verifikasi di lapangan. Untuk memastikan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pihaknya langsung melakukan pengecekan nama-nama tersebut sesuai alamatnya.

“Sebelum ditetapkan KPU, proses perbaikan DPT telah dilakukan secara berjenjang mulai dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dalam setiap tahapannya, kami juga melibatkan Bawaslu dan Parpol peserta Pemilu,” ujar Koordinator Divisi Data dan Program KPUD Koltim, Minggu (16/9).

Dengan penghapusan 292 pemiluh ganda, DPT Koltim Pemilu 2019 berkurang. Jika sebelumnya 80.384 pemilih, kini tersisa 80.092 pemilih. Hasil pleno DPT hasil perbaikan ini selanjutnya akan diserahkan ke provinsi. “Alhamdulillah, sudah bisa kita plenokan. Yang pastinya, kami akan terus bekerja maksimal membenahi DPT,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi Pengawasan KPU Koltim, Adly Yusuf Saepi mengapresiasi berbagai pihak yang membantu proses perbaikan DPT sehingga penghapusan data ganda dan TMS bisa selesai tepat waktu. Tahap pencermatan pemilih bermasalah ini melibatkan Bawaslu dan Parpol baik dalam proses administrasi maupun verifikasi lapangan.

“Insya Allah, semua warga Koltim sudah terakomodir. Dengan begitu, mereka bisa menyalurkan suaranya pada Pemilu mendatang. Bila belum, mereka masih bisa didata dalam daftar pemilih khusus (DPK). Syaratnya, mereka cukup menunjukan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el)-nya,” ujar alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta ini. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top