Pariwara
Politik

Benahi DPT, KPU Sultra Coret 5.271 Pemilih TMS

PLENO DPT : Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib (delapan dari kanan) bersama rekannya berfoto bersama Bawaslu Sultra dan perwakilan Parpol saat pleno penetapan DPT hasil perbaikan akhir pekan lalu. FOTO: KPU SULTRA FOR KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Sultra Pemilu 2019 berkurang. Hasil pleno DPT hasil perbaikan, pemilih Sultra berkurang sebanyak 5.271 pemilih. Pengurangan ini disebabkan adanya pemilih yang sudah meninggal, pemilih ganda dan pemilih yang TMS yang terdaftar dalam DPT.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir mengaku telah melakukan pencermatan ulang terhadap data-data yang diduga ganda. Hasilnya, sebanyak 5.271 pemilih dalam DPT dicoret lantaran TMS. Penghapusan pemilih bermasalah ini disaksikan Bawaslu maupun Parpol peserta Pemilu 2019.

“Jadi DPT Sultra berkurang dari 1.685.377 pemilih menjadi 1.680.106 pemilih. Pencoretan pemilih TMS ini telah mendapat persetujuan Bawaslu dan Parpol,” beber dosen nonaktif Universitas Halu Oleo (UHO) saar pleno DPT hasil perbaikan Sultra akhir pekan lalu.

Berkurangnya jumlah DPT sambung mantan komisioner KPU Kota Kendari ini, disebabkan adanya pemilih yang sudah meninggal namun masih terdaftar. Begitupun dengan pemilih yang pindah domisili, pemilih yang telah berubah status menjadi anggota TNI-Polri hingga pemilih ganda dan pemilih yang TMS lainnya. Atas temuan itu, KPU melakukan penghapusan.

Sebelum melakukan pencoretan lanjut pria yang akrab disapa Ojo ini, telah melakukan verifikasi faktual. Nama-nama yang direkomendasi Bawaslu langsung dikroscek di lapangan. Hasil verifikasi inilah yang menjadi acuan penyelenggara.

“Pemilih yang TMS sudah dihapus. Itu dilakukan untuk memastikan data pemilih yang valid, akuntabel dan berbadasarkan fakta yang ada. Kami mengapresiasi kerja keras penyelenggara Pemilu di daerah yang telah mewujudkan DPT Pemilu valid,” pungkasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top