Pariwara
Buton

Aksi Donor Darah Gugah Kepedulian Warga Buton

DONOR : Susanan kegiatan donor darah yang dihelat PMI dan RSUD Buton pada sebuah pusat perbelanjaan di Kota Baubau untuk menambah stok dan menggugah masyarakat. FOTO: WA ODE AMALA/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buton menyambut hari jadinya yang ke-73 tahun dengan menggelar kegiatan donor darah. Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton, dr. Ramli Code mengatakan, pihaknya berupaya menarik partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk ikut aktif menjadi donatur darah di PMI. Sekaligus mengejar target kantong darah sebanyak mungkin. “Pendonor darah kita ini masih sangat kurang. Padahal donor darah sangat bagus untuk kesehatan, sekaligus membantu ketersediaan stok darah kita yang selalu mengalami kekurangan,” ungkap Ramli Code, Sabtu (15/9).

Ia menegaskan, bukan hanya rumah sakit di Baubau, namun RSUD Buton juga sering kesusahan mencari stok darah. Persediaan kantong darah PMI sering kali tak mampu memenuhi permintaan kebutuhan dari rumah sakit.
“Dalam sebulan, paling tidak kita butuh 300 kantong darah. Sementara pendonor hanya 10 orang tiap bulan,” keluhnya. Dengan kegiatan bakti sosial tersebut, ia berharap dapat menambah ketersediaan darah di PMI. Organisasi itu juga dapat menggandeng pendonor-pendonor baru.

Menurut dr. Ramli, masih banyak masyarakat enggan melakukan transfusi darah karena tak begitu memahami manfaat donor bagi tubuh, termasuk ketakutan menghadapi jarum suntik. Padahal dengan rutin melakukan donor darah, masyarakat bisa secara langsung mengecek kondisi kesehatan tubuhnya. Pendeteksian penyakit bisa diketahui lewat pemeriksaan kesehatan sebelum maupun saat donor. Masyarakat juga tak perlu khawatir. Banyaknya darah yang disedot tak akan mengganggu siklus biologis dalam tubuh. Proses ini justru membantu meningkatkan kesehatan pendonor.

“Dalam kegiatan ini akan ada pemeriksaan, jika pendonor menderita penyakit hepatitis A, hepatitis C, sipilis atau HIV. Donor darah pasien akan mengetahui, apakah kita punya penyakit atau tidak, sebab darahnya akan diperiksa kembali di laboratorium PMI,” urainya. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya menargetkan dalam sehari dapat mengumpulkan sekitar 200 kantong darah. Selain melibatkan instansi pemerintah, PMI juga mengajak masyarakat umum berpartisipasi menjadi pendonor. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top