Pariwara
HEADLINE NEWS

Terlibat Tipikor, Empat PNS di Sultra Terancam Dipecat

SK BERSAMA: Ki-Ka: Mendagri Tjahjo Kumolo, Menpan-Rb Syafruddin, Kepala BKN Bima Haria Wibisana memperlihatkan surat keputusan (SK) bersama tentang pemecatan PNS berstatus koruptor. Foto: Humas Kemendagri For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Empat pegawai negeri sipil (PNS) di Sultra yang terlibat tindak pidana korupsi bakal segera dipecat. Tinggal tunggu putusan inkracht dari pengadilan dari kasus yang menimpa mereka. Mendagri, Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah langsung menindaklanjutinya.

“Dari data BKN, jumlah PNS yang terlibat tipikor sebanyak 2.259 orang. Itu khusus berdasarkan daerah saja, belum lembaga vertikal. Untuk Sultra kalau tidak salah empat orang. Nanti di cek datanya,” kata Tjahjo, Jumat (14/9). Dalam data BKN tersebut, untuk Sultra memang ada empat orang yang terlibat korupsi.

Menyikapi banyaknya PNS korupsi tapi masih aktif bekerja, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PAN-RB Syafruddin dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menandatangani Surat Keputusan Bersama, di Jakarta, Jumat (14/9).

SKB diharapkan dapat menjadi terobosan hukum, mengingat banyaknya PNS baik dari pusat maupun daerah berstatus sebagai terpidana korupsi, namun hingga saat ini masih menerima gaji dari negara. “SKB mengatur beberapa hal. Antara lain, penjatuhan Sanksi berupa pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), terhadap PNS yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap. Karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan,” jelasnya.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top