Pariwara
Politik

DPT Buton Berkurang 65 Pemilih

Burhan

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Buton berkurang. Dari hasil pencermatan terhadap pemilih ganda dan tidak memenuhi syarat (TMS), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton mencoret 65 pemilih bermasalah. Dengan adanya pencoretan, maka jumlah DPT Buton Pemilu 2019 menjadi 72.719 pemilih.

“Sebanyak 65 orang yang dikurangi dalam DPT karena telah meninggal dunia. Pengurangan itu dilakukan pada saat rapat koordinasi bersama Bawaslu Buton dan sejumlah pengurus Parpol beberapa hari lalu,” kata Burhan, Ketua KPUD Buton saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (14/9)

Selain adanya pengurangan data pemilih tersebut, pihaknya juga menemukan pemilih yang sudah pindah domisili baik antar desa maupun kecamatan sebanyak 12 orang. Tidak hanya itu, KPU juga mendata 47 pemilih baru yang berasal dari luar wilayah Sultra.

“Bagi pemilih yang pindah domisili dan pemilih baru itu berdasarkan ketentuan undang-undang, terhadap yang pindah wilayah akan diterbitkan formulir A5 supaya bisa didata ditempat asalnya. Begitu pula yang pindah wilayah ke Buton, kita harus minta formulir A5 nya dari tempat asalnya,” terangnya.

Terkait data pemilih baru yang berasal dari luar Sultra lanjut Burhan, akan disampaikan ke KPU Sultra. Selanjutnya, dari KPU Sultra diteruskan ke KPU RI untuk dilakukan kroscek terhadap nomor induk kependudukan (NIK) yang bersangkutan yang merupakan kewenangan dari KPU RI.

“Kewajiban kita hanya mendata mereka dan disampaikan kepada pimpinan kami (KPU provinsi), karena yang mengkroscek NIK antar provinsi itu adalah kewenangan KPU RI. Berdasarkan pengamatan melalui sistim daftar pemilih (Sidalih) di Kabupaten Buton tidak ditemukan adanya data pemilih ganda,” tutupnya. (b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top