Pariwara
Edukasi

Prof La Karimuna: Selektif Konsumsi Pangan

Agus Setyawan/ Kendari Pos
Ketua KKN Tematik UHO, Prof. Dr. Ir. H. La Karimuna, M.Sc., Agr (keempat dari kiri) saat sosialisasi tambahan pangan pada warga RT 23 dan RT 24 di Kelurahan Mandonga,
Kota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus kercunan makanan semakin marak. Karena itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) yang diketuai Prof. Dr. Ir. H. La Karimuna, M.Sc terdorong untuk menyosialisasikan bahan tambahan pangan yang aman di konsumsi di Kelurahan Mandonga, Kota Kendari. Mereka berupaya mengedukasi masyarakat agar lebih selektif memilih pangan sebelum dikonsumsi. “Pangan yang dikonsumsi bukan hanya karena nikmat, tetapi juga bagus untuk kesehatan. Masyarakat harus lebih selektif dalam membeli pangan di pasar modern maupun pasar tradisional,” kata La Karimuna kepada Kendari Pos, Jumat (14/9).

Proses jual beli bahan pangan, kata dia secara tidak langsung hanya memikirkan keuntungan belaka. Sehingga lupa dengan tanggungjawab untuk menyiapkan pangan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. “Pangan yang sehat dan aman dapat menjamin keberlangsungan generasi selanjutnya yaitu anak cucu kita,” ujarnya.

Kata dia, kedepannya UHO akan bersinergi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengawal peredaran pangan yang ada di Indonesia, khususnya di Sultra, “Selain BPOM, kami juga berharap dari pemerintah untuk mendukung program UHO ini. Sehingga bisa mewujudkan kualitas pangan yang baik dan sehat,” tambah La Karimuna.

Sementara itu, Kordinator Kelurahan Mandonga Muh. Ihsan Diki mengapresiasi program KKN tematik. Menurutnya, berkat ide Prof. Lakarimuna, mahasiswa bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat secara langsung.

“Untuk mencegah maraknya penggunaan bahan tambahan pangan seperti bahan pengawet bukan untuk pangan, yaitu dengan membina masyarakat agar dapat membedakan pangan yang aman dikonsumsi dengan pangan yang tidak aman untuk dikonsumsi. Termasuk mengajak lembaga terkait seperti BPOM untuk lebih aktif lagi dalam melakukan pengawalan bahan pangan,” tutupnya (ags/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top