Pariwara
Ekonomi & Bisnis

OJK Ingatkan Masyarakat Waspadai Rentenir Online

Rentenir Online

KENDARIPOS.CO.ID — Kehidupan manusia sering tidak bisa diprediksi arahnya. Banyak kejadian di mana seseorang menghadapi kondisi yang sangat mendesak sehingga membutuhkan dana tunai saat itu juga. Misalnya, mengalami kecelakaan, bencana alam atau kondisi darurat lainnya. “Pada dasarnya, semua kondisi darurat yang melahirkan risiko finansial tersebut bisa dikelola dengan berbagai persiapan. Misalnya, menyiapkan dana darurat keluarga. Dana darurat itu, bisa disisihkan dari sebagian penghasilan rutin,” ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Muh. Fredly Nasution, Jumat (14/9).

Selain melalui persiapan dana darurat, lanjut dia, kebutuhan dana tunai bisa diantisipasi dengan asuransi. Ada asuransi jiwa untuk risiko finansial sehubungan dengan meninggal dunianya pencari nafkah, asuransi kesehatan untuk risiko keuangan akibat biaya berobat, hingga asuransi kerugian seperti asuransi kebakaran, asuransi kendaraan dan asuransi kebanjiran.

“Harus diakui, belum semua orang mau dan bisa menjalankan manajemen pengelolaan risiko keuangan seperti itu. Ini akan berakibat fatal jika kita kurang optimal mengelola risiko finansial tersebut,” kata Fredly.

Salah satu akibat dari pengelolaan risiko finansial yang kurang pas adalah, mudahnya seseorang terjebak utang ketika tengah membutuhkan dana tunai dalam waktu mendesak. “Berutang pada penyedia dana, menjadi solusi instan yang dipilih ketika menghadapi sebuah kebutuhan. Terutama kebutuhan yang sifatnya mendesak dan tanpa ada kesiapan finansial,” terang Fredly

Di era internet ini, kata Fredly, jaringan pinjaman semakin banyak. Sebelumnya masyarakat hanya mengenal bank, lembaga pembiayaan atau multifinance dan koperasi, maka di era saat ini sudah ada peer to peer lending, fintech lender, fintech aggregator, sampai rentenir online.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah kehadiran rentenir online. Kelompok penyedia pinjaman uang online ini sering disebut sebagai lintah darat atau rentenir. dengan ciri memberikan pinjaman dengan bunga sangat tinggi dengan dalih proses pencairan dana yang cepat. “Khusus di Sultra saat ini, sudah ada yang terdeteksi, yakni usaha yang dilakukan oleh PT. Karopoto Teknologi Finansial. Namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena OJK Sultra sudah mencabut atau membatalkan tanda terdaftarnya,” ungkap Fredly

Fredly menambahkan, tanpa kecermatan mencari pinjaman, masyarakat bisa terjebak rayuan rentenir online. Maka dari itu, terlebih dahulu mengetahui lebih banyak ciri rentenir online dan cara kerjanya sebelum meminjam dana. “Saya harap, masyarakat Sultra agar lebih berhati-hati meminjam dana melalui rentenir online yang lagi marak saat ini. Kalau perlu sebelum bertransaksi, terlebih dahulu pastikan lembaga itu sudah terdaftar dan dibawah pengawasan OJK,” tandasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top