Pariwara
Metro Kendari

Musim Kemarau Diprediksi Sampai Oktober

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Musim hujan sudah berlalu. Musim kemarau sudah terasa. BMKG Kendari menganalisis awal September menunjukkan sebagian besar wilayah Sultra mengalami hari tanpa hujan kategori sangat pendek (1 – 5 hari kering). Ini awal dari musim kemarau yang akan terus berlangsung di sejumlah kabupaten di Sultra.

Beberapa wilayah telah mengalami hari tanpa hujan kategori panjang, 21–30 hari kering. Bahkan hingga kategori sangat panjang, yakni 31– 60 hari kering. Forecaster Staklim Ranomeeto, Muchammad Nur Ilham mengatakan beberapa daerah yang sudah mengalami itu yakni Bau-bau, Batauga, Tinanggea dan Mawasangka.
Ini merupakan analisis dan prakiraan curah hujan dasarian Sultra periode September ini.

Sebelumnya BMKG juga telah merilis hasil analisis curah hujan mulai 1 hingga 10 September 2018. Itu menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Sultra mengalami curah hujan kategori rendah. “Curah hujan sangat rendah antara 0–10 mm terjadi di sebagian wilayah Kolaka, Bombana, Konsel, Kendari, Muna, Bau-bau, Busel, dan Buton,” kata Muchammad Nur Ilham, Jumat (14/9).

Muchammad Nur Ilham menambahkan curah hujan menengah terjadi di sebagian wilayah Buton dan Butur. Secara umum wilayah Sultra pada pertengahan September 2018 ini diprediksi berpeluang tinggi mengalami hujan kategori rendah.

Prakiraan intensitas curah hujan secara umum wilayah Sultra pada pertengahan September hingga pertengahan Oktober diprediksi mengalami curah hujan kategori rendah (0 – 50 mm/dasarian) hingga menengah (51 – 150 mm/dasarian). “Ini diprediksi akan terus terjadi penurunan curah hujan sejak pertengahan September hingga pertengahan Oktober di sebagian besar wilayah Sultra,” ungkapnya. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top