Pariwara
Politik

KPUD Busel Temukan Pemilih yang Sudah Meninggal

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap verifikasi faktual pemilih bermasalah dalam daftar pemilih tetap (DPT) Buton Selatan (Busel) Pemilu 2019 rampung. Hasilnya, sebanyak 56 pemilih harus dicoret. Pemilih yang dihapus dalam DPT karena sudah meninggal dan ganda.

Ketua KPU Busel, Ari Ashari Apriadi mengaku telah turun melakukan verifikasi faktual di lapangan sejak tanggal 12 September lalu. Sesuai rekomendasi Bawaslu, ada 80 pemilih yang terindikasi ganda dan 10 pemilih yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Setelah kita kroscek dan cermati, hanya 56 pemilih yang TMS karena alasan kegandaan dan pemilih yang telah meninggal. Atas temuan itu, kami langsung melakukan pencoretan,” kata Ari Ashari Apriadi saat dikonfirmasi melalui teleponnya, Jumat (14/9).

Penghapusan pemilih bermasalah tersebut disaksikan Bawaslu Buteng maupun Parpol peserta Pemilu. Hasil penyempurnaan DPT kata dia, bahkan telah dipleno tanggal 13 September. Dari hasil pleno, DPT Busel secara otomatis berkurang. Bila sebelumnya, jumlah DPT Busel sebanyak 57.502 pemilih kini menjadi 57.446 pemilih.

“Dalam proses verifikasi, kami turut menggandeng Bawaslu dan Parpol. Makanya, tidak ada kendala saat penetapan DPT hasil penyempuraan,” ujarnya. (c/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top