Pariwara
Metro Kendari

Jelang Seleksi CPNS, Perekaman e-KTP di Kendari Normal

KENDARIPOS.CO.ID — Suasana kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari Jumat kemarin nampak ramai. Ratusan warga mengantri untuk mengurus dokumen kependudukan. Namun bagi petugas Disdukcapil, keramaian itu dianggap normal. Padahal, saat ini momentum persiapan berkas seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sejumlah syarat untuk ikut seleksi itu adalah identitas diri atau e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Jamaknya, banyak warga yang berlomba mengurusnya demi melengkapi berkas CPNS.

Administrator Data Base Disdukcapil Kota Kendari Ahmad Mashuri mengatakan kondisi itu normal, karena setiap hari pelayanan e-KTP masih tetap diangka 300 orang perhari yang melakukan perekaman. “Kalau yang punya niat tes CPNS hanya datang untuk mengecek e-KTP apakah aktif atau gimana, siapa tahu data-datanya belum terkoneksi,” ujar Ahmad Mashuri, Jumat (13/9).

Kondisi kantor Disdukcapil memang setiap hari selalu ramai. Ruang pelayanan yang dibuka pukul 07.30 sampai 16.00 Wita dijejali warga dengan berbagai kebutuhan. “Kalau tahun-tahun sebelumnya memang padat kalau pas momentum CPNS. Sekarang sudah normal, karena warga sudah mempersiapkan berkasnya jauh hari sebelumnya,” jelasnya.

Mashuri menuturkan, nantinya kementerian terkait yang menyelenggarakan seleksi CPNS itu akan memastikan KTP warga aktif dengan metode name by NIK. “Yang akan dilihat NIKnya, kementerian sudah terkoneksi dengan data kependudukan nasional,” ungkapnya.

Selanjutnya, bagi warga yang sudah melakukan perekaman bisa segera mengecek e-KTP agar bisa digunakan. “Karena kita cetaknya tiap hari bisa 400 jadi pasti cepat, kita punya empat printer. Kalau banyak, kita biasanya lembur,” tutup Ahmad Mashuri. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top