Pariwara
Kolaka Utara

DKP Kolut : Hasil Polikultur Perikanan Darat Potensial

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
POLIKULTUR : Hasil panen udang windu, salah satu dari tiga komoditas perikanan darat yang dibudidayakan dalam satu areal, bersama rumput laut dan ikan bandeng. Hasil produksinya cukup menggembirakan.

KEDARIPOS.CO.ID — Hasil budi daya tiga komoditas perikanan darat yakni rumput laut, udang windu dan ikan bandeng yang dikembangkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kolaka Utara (Kolut) secara polikultur (campur dalam sewadah), sesuai harapan. Meski hanya memanfaatkan lahan seluas dua hektare di Desa Kalahunde, Kecamatan Pakue Utara, dengan cara tumpang sari, tak membuat hasil panen berkurang.

Buktinya, budi daya rumput laut sebagai komoditas yang dipanen lebih dini pada demplot yang sama, bisa menghasilkan sepuluh ton. Udang windu berukuran 35 hasilnya 200 kilogram dengan tingkat keberhasilan 53 persen dan ikan bandeng 350 kilogram dengan keberhasilan 80 persen. Panen sudah dilakukan secara bergantian, akhir pekan lalu.

Kepala DKP Kolut, Muhlis Usman, melalui Kasi Kemitraan Usaha dan Informasi Masyarakat Perikanan, Nursaiben, menjelaskan, bibit yang ditebar untuk rumput laut sebanyak tiga ton, udang windu 30 ribu ekor dan ikan bandeng 5.000 ekor. “Jadi dalam satu tambak ini kita kembangkan tiga jenis secara tumpang sari. Nelayan mulai melirik untuk mencoba di tambak masing-masing,” ujarnya.

Soal bandeng, panen itu bukan hasil perdana, namun sudah dilakukan tahun lalu. Demplot jenis ini juga dikembangkan di Kelurahan Olo-oloho, Kecamatan Pakue. “Secara polikultur ini baru dicoba dan berhasil. Sehingga, nelayan bisa memanfaatkan lahannya dalam satu tempat panen tiga komoditas sekaligus. Tidak memengaruhi hasil panen, meski dilakukan secara polikultur karena teknik dan pemeliharaannya dilakukan dengan benar,” papar Nursaiben.

Sekadar diketahui, pihak UPTD BBI Kolut di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua saat ini juga sedang menyiapkan alat penetas telur bibit udang vaname sebanyak tiga juta ekor. Ini diperuntukkan bagi petani tambak di wilayah itu. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top