Pariwara
Politik

Desain APK Harus Sesuai Ketentuan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak hanya menetapkan zonasi, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim) akan memfasilitasi alat peraga kampaye (APK) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Lembaga penyelenggara Pemilu akan mencetak dua buah APK yakni spanduk dan baliho di titik yang telah ditentukan. Namun pengadaan APK hanya dikhusukan untuk partai politik (Parpol).

Komisioner KPUD Koltim, Hakpri meminta Parpol segera memasukan desain spanduk dan desain sebagaimana petunjuk PKPU. Pasalnya, masa kampanye akan dimulai tanggal 23 September 2018. Desain baliho dan spanduk Parpol memuat visi misi program Parpol, foto pengurus partai dan foto tokoh yang melekat pada citra diri Parpol.

“Kami tinggal menunggu hasil desain saja dari Parpol. Silahkan partai mencetak untuk memperbanyak spanduk maupun APK lainnya yang penting sesuai yang aturan,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi KPUD Koltim saat ditemui, Jumat (14/9).

Peserta Pemilu (Parpol dan perseorangan DPD) diperbolehkan menambah APK dengan biaya masing-masing. Ketentuannya, maksimal 5 buah baliho dan 10 buah spanduk di setiap desa/kelurahan di masing-masing kabupaten/kota. Untuk bakal calon anggota legislatif (Bacaleg), tidak ditanggung KPU. Nantinya, mereka sendiri yang mencetak APK-nya dan disesuaikan dengan ketentuan. Namun jumlahnya tetap dibatasi. Desainnya hampir sama dengan APK Parpol.

“Di APK yang dicetak sendiri oleh partai politik inilah, baru bisa memuat foto calon anggota DPR, DPRD. Di APK yang difasilitasi KPU itu, tidak ada,” pungkasnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top