Pariwara
Politik

Penetapan DPT Hasil Penyempuraan Baubau Molor

Muhammad Mu’min Fahimudin

KENDARIPOS.CO.ID — Sesuai jadwal, pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) hasil penyempurnaan dituntaskan tanggal 12 September (dua hari lalu). Namun hingga batas waktunya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau tak mampu menyelesaikan tugasnya. Padahal KPU RI telah memberikan waktu selama tiga hari untuk membersihkan pemilih ganda maupun pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

“Sesuai surat edaran (SE) KPU RI nomor 1033, proses penghapusan pemilih ganda dan pemilih TMS serta mengubah datanya harus dirampungkan paling lambat, Rabu (12/9). Namun kami belum bisa menuntaskannya,” kata Muhammad Mu’min Fahimudin Komisioner KPU Kota baubau saat ditemui, Kamis (13/9).

Molornya tahap pencermatan ini sambung Koordinator Divisi Perencanaan Program Data Organisasi dan SDM, menyebabkan pleno penetepan DPT hasil penyempurnaan ikut molor. KPU berdalih keterlambatan ini lebih disebabkan adanya persoalan sistem.

“Penghapusan DPT ganda itu dilakukan melalui Sidali. Sementara Sidali kita saat ini dalam kondisi on-off. Artinya, empat jam dibuka dan empat jam ditutup. Makanya, kami harus menyesuaikan waktu untuk bisa mengakses,” ujarnya.

Di sisi lain, pemilih ganda yang akan dicermati cukup banyak. Untuk bisa memastikan kegandaan, harus diteliti secara cermat. Makanya, KPU sangat hati-hati dalam melakukan verifikasi. Agar bisa dirampungkan sesuai jadwal, pihaknya turut melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS). Tidak hanya melakukan verifikasi faktual, namun juga pengecekan DP4 secara online.

Terkait molornya pelaksanan pencermatan DPT ganda tersebut, ia mengaku telah melakukan koordinasi dengan KPU provinsi. “Berdasarkan arahan terakhir dan jadwal yang diberikan, pelaksanaan pencermatan wajib selesai hari ini pukul 24.00 Wita,” pungkasnya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top