Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Penerimaan Pajak di Sultra Capai Rp 573 Miliar

PAJAK : Suasana pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari, Kamis (13/9). FOTO: AGUS SETIAWAN / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari mencatat sebesar Rp 573 miliar penerimaan pajak di wilayah kerjanya. Realisasi penerimaan pajak tersebut berasal dari empat kabupaten dan satu kota yaitu Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, dan Konawe Kepulauan, plus Kota Kendari yang bertumbuh dibanding penerimaan pajak pada semester satu tahun lalu.

Hal ini diungkapkan Kepala KPP Pratama Kendari, Joko Ruhutomo. Menurutnya, realisasi penerimaan pajak KPP Pratama Kendari sampai dengan September ini mencapai Rp 573 miliar atau sekira 54,07 persen. “Jadi pertumbuhannya lumayan bagus dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama hanya mencapai Rp 409 miliar,” ujar Joko Ruhutomo di ruang kerjanya, Kamis (13/9).

Tahun ini, KPP Pratama Kendari ditarget penerimaan pajak oleh pemerintah sebesar Rp 1,06 triliun. “Walau sampai saat ini pencapaiannya baru separuh dari target, kami masih punya harapan sampai akhir tahun nanti bisa tercapai,” ujarnya optimis.

Menurut Joko, penerimaan pajak khususnya di wilayah Indonesia Timur termasuk di Sultra, umumnya berasal dari proyek pemerintah yang dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) atau anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Biasanya pembayaran pajak proyek itu akan lebih ramai pada akhir tahun, karena dana proyek itu cairnya Desember,” jelasnya.

Selain itu, saat ini masih banyak proyek yang belum selesai pengerjaannya. Otomatis berefek pada pembayaran pajaknya. Ditambah kebijakan Presiden RI, Joko Widodo, yang tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018, yang menurunkan tarif pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekira 0,5 persen. “Hal ini berimbas pada penerimaan pajak dari sektor UMKM, tapi secara umum di Kendari tidak menurun signifikan, mengingat kontribusi UMKM tidak terlalu besar,” beber Joko Ruhutomo.

Dia berharap masyarakat lebih berperan dalam pembangunan dengan cara taat membayar pajak. “Apabila ada hal-hal yang tidak diketahui masyarakat terkait dengan pajak, segera datang di pelayanan Kantor Pajak terdekat,” pungkas Joko Ruhutomo. (ags/b).

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top