Pariwara
Politik

Parpol dan Elemen Masyarakat se-Kolut Deklarasi Pemilu Damai

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan, sejumlah unsur partai politik (Parpol), lembaga kemasyarakatan, tokoh masyarakat se-Kolaka Utara (Kolut) menggelar deklarasi Pemilu 2019 damai. Deklarasi yang digelar di halaman Mako Polres Kolut ini menyepakati lima butir kesempatan.

Lima butir deklarasi tersebut yaitu menghindari tempat ibadah dan lembaga pendidikan sebagai ajang kampanye,

menyukseskan pemilu (pileg dan pilpres) yang aman, damai dan sejuk. Mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya, melangsungkan Pemilu yang bebas jujur dan adil serta menolak berita hoax, black campaing dan money politik.

Sayangnya, dari 12 Parpol yang akan berkompetisi merebut kursi DPRD Kolut, hanya tujuh perwakilan yang hadir. Alhasil, lima Parpol tidak ikut mendatangani kesepakatan di atas spanduk sepanjang empat meter.

Kapolres Kolut, AKBP Bambang Satriawan melalui Wakapolres, Kompol Robert Silas Boroh mengimbau seluruh elemen masyarakat tetap menjaga keharmonisan Kolut yang damai dan sejuk sepanjang proses pelaksanaan Pemilu. Untuk itulah, masyarakat tidak cepat percaya isu maupun berita yang menyesatkan apalagi yang isinya hanya mengadu domba.

“Jangan mau diadu domba oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memecah belah persatuan. Makanya, mari jaga situasi ini. Kalau bukan kita sendiri yang menjaga daerah kita, tak mungkin Kolut seaman ini,” ujarnya.

Meskipun ada di beberapa kecamatan yang menjadi perhatian, Robert menilai situasi Kamtibmas Kolut masih aman dan kondusif. Dari segi pengamanan, pihaknya tak menepis adanya kemungkinan mendapat tambahan personil saat pesta rakyat dilangsungkan. “Kondisi saat ini (aman, red) diharapkan semua elemen selalu menjaga kondisi seperti ini seterusnya,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top