Pariwara
Muna Barat

Jalan Kabupaten Mubar Mulai Ditingkatkan

YAFRUDDIN YADDI/KENDARI POS
BANGUN JALAN : Pembukaan dan peningkatan jalur transportasi sedang dimaksimalkan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada di otoritanya. Dalam berbagai kesempatan, ia turun lapangan melakukan pengawasan pekerjaan yang sedang berlangsung.

KENDARIPOS.CO.ID — Ditargetkan, tahun 2018 ini jalan di Kabupaten Muna Barat (Mubar) yang menghubungkam tiga wilayah besar yakni Lawa Raya, Kusambi Raya dan Tikep Raya, akan tuntas. Janji tersebut dilontarkan langsung Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada. “Insya Allah tahun 2018 ini, kita akan rasakan jalan kabupaten yang menghubungkan tiga wilayah besar di Mubar,” ulang Rajiun, Kamis (13/9).

Ia menjelaskan, pihaknya telah meluncurkan pembukaan jalan kabupaten yang diawali dari Punto (perbatasan Mubar dan Muna) menuju Hondola, Hondola-Bungkolo, Bungkolo-Lafinde, Lafinde-Laworo, Laworo-Waturempe, Waturempe-Lasama, Lasama-Pasar Suka Damai dan kemudian tembus Desa Langku-Langku. “Semua ini kita wujudkan untuk memperluas akses transportasi di daerah yang kita cintai bersama ini. Walaupun yang baru dikerjakan saat ini ruas Punto Hundola dengan anggaran Rp 7,5 miliar,” ungkapnya.

Rajiun menyebutkan, tahun ini, masyarakat Mubar baru akan merasakan pengerasan jalan dalam rangka memperkuat struktur tanah yang ada di wilayah Tiworo, Waturempe, Waokuni, Wakoila, Lemoambo, Kasakamu dan Lakaghowe. Proyek itu mulai dikerjakan dalam bentuk pengerasan dengan lebar 24 meter. Selanjutnya dari Lakaghowe menuju Guali sampai Desa Wuna (Tugu Sarung) semua dalam tahap perbaikan.

“Insya Allah tahun 2019, kita sudah merasakan aspal hotmix. Pembangunan nyata itulah yang menjadi target awal Pemkab Mubar,” bebernya. Apalagi tahun 2020 nanti, target semua infrastruktur dasar sudah tuntas di wilayah Kota Laworo dan dilanjutkan sampai ke desa-desa dan kelurahan yang ada di kecamatan masing-masing. “Jadi jalan kabupaten ini, semua akan kita buat dua jalur. Kalau untuk panjang jalan yang dikerja sekarang dari Punto ke Bungkolo sekitar tujuh kilo meter,” jelasnya.

Meski begitu pekerjaan saat ini masih terus membuka jalan dengan lebar 24 meter seperti yang dikerjakan dari Punto-Hondola dan Hondola-Bungkolo. “Kita sudah survei semua jalan yang akan dibangun,” tandas Mubar-1 itu. Untuk diketahui, anggaran pembangunan jalan Punto-Hondola sebesar Rp 7,5 miliar. Sementara ruas Hondola-Bungkolo mencapai Rp 5 miliar. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top