Pariwara
Metro Kendari

BPHTB Sumbang PAD Rp 12 Miliar

LAHAN PEMUKIMAN : Landscape lahan pemukiman warga Kota Kendari dari ketinggian. Pajak atas Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan menjadi sumber PAD bagi pemerintah. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) menjadi salah satu sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) andalan bagi Pemkot Kendari. Dari sektor itu, Pemkot bisa mendapatkan income cukup besar. Setiap tahun, Pemkot bisa mendapat Rp 20 miliar lebih. Nah, tahun ini, Pemkot kembali menargetkan Rp 23 miliar untuk modal pembangunan daerah.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, Nahwa Umar membenarkan target itu. Dari target itu kata dia, Pemkot sudah merealisasikan 50 persen lebih. “Dari target Rp 23 miliar itu kita sudah capai 52,25 persen atau sekira Rp 12 miliar,” ujarnya, Kamis (13/9).

Meski sudah memasuki bulan September atau triwulan ketiga, Nahwa Umar tetap optimis bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Keyakinan itu bukan tanpa dasar, merujuk pada pengalaman tahun lalu, Dispenda (Nomenklatur sebelumnya dari BPPRD) mampu melampaui target di akhir tahun anggaran.

“Tahun lalu lebih dari 100 persen kita capai. Tahun ini, kita berharap lebih dari 100 persen atau minimal sama. Dan saya rasa itu masih bisa,” ungkap mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari itu.

Kesadaran masyarakat Kota Kendari untuk membayar pajak sudah semakin baik. Pejabat yang juga dipercaya sebagai Plt.Kepala Inspektorat Kota Kendari itu melihat ada efek positif dari berbagai upaya yang memberikan kemudahan untuk warga membayar pajak. “Mulai dari imbauan melului spanduk, koran, door to door hingga pelayanan pajak di perbankan dan kantor pos sudah dilakukan. Hasilnya makin banyak yang sadar pajak termasuk BPHTB ini,” paparnya. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top