Pariwara
Metro Kendari

Sulkarnain Akan Berlakukan Elektronik SPPD di Pemkot Kendari

Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) sudah menjadi stigma di masyarakat. Menghabiskan anggaran daerah dengan SPPD terlalu sering dalam periode waktu tertentu. Alasan klasiknya bisa ditebak, agar serapan anggaran OPD dianggap maksimal. “Kegiatan perjalanan dinas identik dengan persepsi negatif publik. Katanya kita habiskan anggaran saja. Padahal kita serius dan sungguh-sungguh dalam melakukan suatu tugas di luar daerah itu,” ungkap Plt. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Rabu (12/9/2018).

Untuk menepis anggapan itu, Sulkarnain menggagas diberlakukannya elektronik SPPD (e-SPPD). Dikatakannya, pelaporan penggunaan anggaran dengan model e-SPPD itu sudah diterapkan di beberapa daerah dan dianggap sukses dalam menata administrasi keuangan lebih tertib. “Saya berkunjung di beberapa daerah dan itu sudah berlaku. Jadi tidak perlu repot dalam bentuk fisik seperti kita sekarang ini,” ungkap Sulkarnain.

e-SPPD itu lanjut mantan anggota DPRD Kota Kendari itu, rencananya akan diterapkan tahun 2019. Nantinya, akan ada format dan sistemnya. Plt.Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku sudah menginstruksikan pihak inspektorat agar menindaklanjuti rencana penerapan e-SPPD. “Ini saatnya merubah paradigma. Bahwa posisi jabatan yang kita duduki saat ini adalah kesempatan berkarya. Dulu mau dilayani dan menjadi prestise, sekarang waktunya memberi karya terbaik kita,” tegasnya.

Olehnya itu ia mengajak seluruh OPD untuk melihat kembali tugas pokok masing-masing agar mudah mengoptimalkan semua hal yang bisa dilakukan. “Kalau ada urusan di luar daerah yang tidak terlalu penting dan ada yang lebih penting yang harus segera diselesaikan di kantor, itu dulu yang diutamakan,” imbuhnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top