Pariwara
Hukum & Kriminal

Peredaran Narkoba di Sultra Mengkhawatirkan, Dua Bulan 1.135,6 Gram Sabu Diamankan

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto (empat dari kiri) menunjukkan barang bukti narkoba yang berhasil diamankan dan para tersangka (berdiri, pakai seragam tahanan) yang ditangkap.

KENDARIPOS.CO.ID — Peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Sultra kian mengkhawatirkan. Indikatornya, jumlah narkoba yang diamankan polisi semakin banyak. Bukan hanya dalam ukuran kecil, narkoba yang diamankan jajaran Polda Sultra mencapai ukuran besar. Kapolda Sultra Brigjen Iriyanto merilis selama dua bulan, Agustus dan September, anak buahnya yang berada di tim Subdit I, Subdit II dan Subdit III Ditresnarkoba sukses menangkap 16 pelaku narkoba. Dari para pelaku, sekira 1.135,6 gram berhasil di amankan.  “16 pelaku kami tangkap di tempat terpisah,” ujar Brigjen Pol Iriyanto dalam keterangan persnya, Rabu (12/9).

Menurut Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto, beberapa tersangka yang berhasil diamankan merupakan jaringan pengedar dari lembaga pemasyarakatan yang ada di Sultra. Beberapa diantaranya merupakan residivis dari kasus yang sama. Pengakuan tersangka dalam penyelidikan bahwa narkoba tersebut berasal dari luar Sultra.

Brigjen Pol Iriyanto menambahkan pengungkapan kasus narkoba ini merupakan tantangan bagi polisi untuk mencegah dan memberantas Narkotiba di Sultra. Brigjen Pol Iriyanto mennejlaskan penangkapan 16 pelaku narkoba merupakan hasil kerja sama tim Subdit I, Subdit II dan Subdit III Ditresnarkoba Polda Sultra. Pelaku yang terakhir ditangkap pada 3 September adalah yang terbesar. Pria berinisial DA diamankan bersama barang bukti narkotika jenis sabu seberat 624 gram.

Dari hasil pengembangan pada 4 September, tersangak berinisial AHS ditangkap. Sejumlah barang bukti diamankan yakni satu bungkus sabu seberat 489,60 gram, satu paket sabu seberat 22 gram, dua unit telepon genggam, plastik bening, dan satu unit sepeda motor. “Jumlah keseluruhan barang bukti narkotika yang berhasil kami ungkap jenis sabu sebanyak 1.135,6 gram dan hingga saat ini tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolda Sultra guna proses penyidikan,” tegas Brigjen Pol Iriyanto. Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt, menambahkan berkas penyidikan 16 pelaku yang sudah ditahan sedang dilengkapi. Para tersangka dijerat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Pemberantasan Narkotika. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top