Pariwara
Edukasi

Mahasiswa UHO Olah Limbah Tahu Jadi Produk Bermanfaat

Dokumen Pribadi
Ketgam: Mahasiswa KKN Tematik UHO bersama aparat Desa Lambusa sempatkan foto bersama usai melaksanakan pelatihan pemanfaatan limbah tahu di hadapan masyarakat, beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UHO 2018, sejumlah mahasiswa melaksanakan KKN Tematik di Desa Lambusa, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, beberapa waktu yang lalu. Dosen Pembimbing lapangan, Dr. Weka Gusmiatry Abdullah, S.P.,M.P., mengungkapkan, mahasiswanya berhasil mengolah limbah tahu menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat, yaitu krupuk dan pupuk.

“Ini adalah sebuah prestasi bagi, dimana kami bisa membangun sebuah desa melalui pengabdian kepada masyarakat dengan meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” ungkapnya, Rabu (12/9). Lanjut dia, bahan baku yang digunakan untuk membuat kedua produk tersebut adalah limbah tahu, yang selama ini hanya dibuang ke sungai atau sebagian kecil untuk pakan ternak. “Limbah tahu yang kaya akan karbohidrat, serat dikombinasikan dengan udang dan ditambah dengan aroma dari rempah-rempah berhasil diubah menjadi krupuk yang sangat nikmat,” kata Dr. Weka.

Produk lainnya yang berhasil dibuat mahasiswa, lanjut Dr. Weka, adalah membuat pupuk dari limbah tahu, “Pupuk yang dihasilkan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, sangat cocok untuk tanaman sayuran karena bebas dari pestisida,” tambahnya. Ia menambahkan, sebelum meninggalkan lokasi KKN, mahasiswanya melakukan pelatihan pemanfaatan limbah tahu dihadapan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga, “Saya harap, produk yang kami hasilkan bisa diterima oleh masyarakat dan bukan tidak mungkin produk ini akan kami patenkan untuk desa. Selain itu, saya harap kepada mahasiswa untuk terus memperbaiki kualitas produknya sehingga layak untuk dipasarkan,” tutupnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top