Pariwara
Muna Barat

Kualitas Pengawas Konstruksi di Mubar Ditingkatkan

YAFRUDDIN YADDI/KENDARI POS
SDM : Dinas PU Mubar menggandeng LPJK untuk meningkatkan sumber daya manusia 40 pengawas pekerjaan dan pelaksanaan proyek jalan dan jembatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kepedulian pemerintah pada peningkatan kemampuan masing-masing tenaga ahli dalam bidangnya, diperlihatkan. Di Muna Barat, Rabu (12/9), Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat menggandeng Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk bimbingan teknis (Bimtek) bagi 40 peserta pelatihan dari berbagai jurusan.

Kadis PU Mubar, Karimin, berharap, pelatihan tersebut diikuti dengan seksama oleh para pengawas pekerjaan dan pelaksanaan proyek. “Yang hadir hari ini adalah orang-orang memiliki pengetahuan lebih. Saya berharap, ke depan lebih baik lagi dalam melengkapi kekurangan kita sebagai daerah baru,” pinta Karimin, rabu (12/9).

Bimtek tersebut digelar untuk meningkatkan kapabilitas dan profesionalisme para pengawas jalan dan jembatan lingkup Dinas PU Muna Barat. “Harapannya nanti kualitas jalan dan jembatan yang kita bangun semakin baik serta berkualitas,” sambungnya. Sementara itu, Perwakilan LPJK Sultra, Pither P. Pongrekun, menegaskan, pengguna maupun penyedia jasa konstruksi wajib menggunakan tenaga bersertifikasi. “Ini wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar,” kata Pongrekun.

Jika ada yang mengabaikan, maka sanksi menanti. Meski sanksi tersebut masih dalam tahap sosialisasi sesuai undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi. “Yang pertama kena sanksi adalah PPTK, Satker dan kontraktor. Ada juga sanksi bagi tenaga kerja yang belum terdaftar di LPJK. Diberi batas waktu untuk mendapatkan sertifikasi gratis tenaga kerja tingkat III. Kami sudah bersurat ke seluruh Dinas PU se-Sultra,” tandasnya. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top