Pariwara
Wakatobi

Jaringan Pipa Rusak, Dirut PDAM Wakatobi Kesal

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
RUSAK : Pipa distribusi milik PDAM Wakatobi yang mengalami kerusakan akibat aktivitas alat berat kontraktor pekerjaan proyek.

KENDARIPOS.CO.ID — Jaringan pipa distribusi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wakatobi rusak, akibat aktivitas alat berat milik kontraktor pekerjaan proyek Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang. Kondisi itu membuat Direktur Utama PDAM, Subardin Bau, kesal. Pihaknya harus turun tangan melakukan perbaikan. Subardin Bau yang memantau langsung kondisi jaringan pipa di jalan Lingkar Timur, Kelurahan Wandoka, Kecamatan Wangiwangi mengaku menyayangkan kejadian tersebut. Padahal selama ini pihaknya telah menyampaikan persoalan tersebut bahkan berkaki-kali ke pihak terkait, agar sebelum melakukan pekerjaan terlebih dulu berkoordinasi dengan PDAM.

“Kita sudah berulang-ulang sampaikan hal ini. Tolong sebelum kerja beritahu kami, agar tidak terjadi hal seperti ini,” ketusnya, Rabu (12/9). Ia menambahkan, pentingnya koordinasi agar alat berat tersebut tidak merusak jaringan pipa. Pihaknya bersedia menunjukkan titik-titik pipa tersebut sehingga bisa dihindari ketika sedang melakukan pekerjaan.

“Tapi yang terjadi sebaliknya. Kontraktor kalau kerja sering tidak koordinasi dengan kami. Sehingga hasilnya begini, jaringan pipa rusak,” tambahnya. Akibatnya pihak PDAM Wakatobi mengalami kerugian. Pasalnya, kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi. “Air yang seharusnya mengalir ke pelanggan, tapi karena pipa rusak sehingga ratusan kubik terbuang percuma. Masyarakat khususnya di Wandoka yang dialiri air ini merasakan akibatnya. Banyak yang mengeluh. Sudah lima hari pelayanan kami terganggu termasuk hari ini,” keluh Subardin.

Ia menginginkan agar persoalan ini tidak terulang lagi. Selain itu, pihaknya juga berharap agar Dinas PU dan Penata Ruang Kabupaten Wakatobi bertindak tegas terhadap kontraktor yang melakukan pekerjaan namun merusak saluran pipa milik PDAM Wakatobi. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top