Pariwara
Buton

Diknas Buton Usul 13 TK Berstatus Negeri

Nanang Lakaungge

KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Buton dilakukan pihak Dinas Pendidikan setempat dengan mengalihkan status lembaga pendidikan swasta menjadi negeri. Salah satu fokusnya pada jenjang pendidikan usia dini dan Taman Kanak-kanak (TK). Kabid PAUD dan Dikmas pada Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, Nanang Lakaungge, mengatakan, saat ini baru satu sekolah yang berstatus negeri yakni TK Pembina. Namun tahun ini, sebanyak 13 TK swasta siap berganti status menjadi negeri.

“Namun baru lima yang dinyatakan memenuhi syarat untuk dinegerikan,” ujar Nanang Lakaungge, rabu (12/9). Pekan ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Bupati Buton, La Bakry, menyangkut kesiapan Pemkab untuk segera menegerikan lima TK tersebut. “Pekan lalu kita sudah komunikasi ke beliau. Kita usahakan secepat mungkin, tinggal waktu bupati saja,” sambungnya.

Nanang menyebut, lima TK swasta yang memenuhi syarat untuk beralih status menjadi negeri, ada pada kecamatan berbeda, yakni di Pasarwajo dan Lasalimu. Diantaranya TK Wasaga, dan Bone Manuru. TK berstatus negeri, memiliki perbedaan, karena nantinya akan mendapat bantuan operasi pendidikan (BOP) dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK) nonfisik serta fisik.

“DAK fisik yang diberikan nantinya seperti rehabilitasi gedung, pengadaan buku, alat main dan sebagainya,” terang Nanang. Syarat untuk menjadi sekolah negeri harus ada kesediaan pihak lembaga atau yayasan untuk menghibahkan seluruh asetnya ke pemerintah. “Seluruh TK harus terinput secara online di Dapodik agar mendapat DAK nonfisik dan fisik. Walaupun berstatus negeri, tapi jika tidak terinput maka tak akan mendapat alokasi anggaran,” tandasnya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top