Pariwara
Politik

Benahi DPT, KPUD Konawe Gandeng Bawaslu dan Parpol

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai upaya membebaskan data pemilih Konawe dari kegandaan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat kembali mencermati ulang daftar pemilih tetap (DPT). Selama tiga hari terakhir, perangkat penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan mulai menyisir pemilih ganda. Dalam proses identifikasi, panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) turut berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pengurus Partai Politik (Parpol).

Komisioner KPUD Konawe, Andang Masnur mengaku telah melakukan self asessment (penelitian mandiri) dengan menggunakan aplikasi Sidalih dan secara manual. Penelitian ini melibatkan seluruh jajaran penyelenggara, mulai dari PPK, dan PPS untuk mendeteksi kegandaan pemilih. “Selain itu juga, kita menerima rekomendasi dari Bawaslu Konawe terhadap hasil pencermatan mereka. Ya, ada juga rekomendasi dari Parpol dalam yang jumlahnya cukup fantastis. Namun ternyata, data yang diberikan kepada kami itu adalah data pemilih DPS (daftar pemilih sementara), yang kita tahu bersama sudah dilakukan penyempurnaan secara berjenjang dari tingkat pps sampai KPU melalui DPSHP dan DPSHP perbaikan menuju DPT,” jelasnya saat ditemui, Rabu (12/9).

Hasil pencermatan ini lanjut Koordinator Divisi Program dan Data KPUD Konawe, nantinya akan dipadukan dengan rekomendasi Bawaslu dan Parpol. Temuan tersebut selanjutkan akan ditindaklanjuti PPK dan PPS yang akan melakukan verifikasi faktual terhadap nama yang teridentifikasi ganda. “Hari ini (kemarin) kami akan gelar rapat pra pleno, sekaligus penghapusan data ganda bersama bawaslu dan parpol. Sesuai edaran dari KPU RI 1033 mengisyaratkan kepada kami terkait penghapusan data ganda tersebut dilakukan secara bersama-sama dan paling lambat 12 september ini. Kami optimis, besok (hari ini;red) kami bisa menggelar pleno DPT hasil perbaikan dengan tidak ada lagi data ganda,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top