Pariwara
Edukasi

UMK Dorong Pengembangan UKM

Agus Setiawan/Kendari Pos
Rombongan mahasiswa dan dosen UMK saat mengunjungi UKM binaan di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) dalam membangun ekonomi kemasyarakatan Sultra tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya program yang dilaksanakan UMK, mulai dari program yang bersifat insidental maupun yang terprogram seperti yang dilaksanakan tim Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPUD) UMK.

Ketua Tim PPUD UMK, Ahmad Muhlis Nuryadi mengatakan, Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan elemen penting dalam perputaran ekonomi masyarakat. “Keberadaan UKM dapat menjadi salah satu titik penentu bergairahnya sektor ekonomi lainnya, baik merupakan dampak langsung maupun akibat dampak tidak langsung dari UKM,” ujarnya, Sabtu (8/9) lalu.

Namun demikian, lanjut Ahmad, keberadaan UKM dalam menjalankan usahanya bukan tanpa masalah. Kendala yang kerap dihadapi dan menjadi momok bagi pelaku UKM adalah keterbatasan dalam mengakses permodalan, kurangnya teknologi, tidak terjadi efisiensi usaha, usaha tergantung musim atau cuaca dan kepercayaan dari lembaga keuangan yang masih rendah. “Bukan hal mudah menjalankan dan mengembangkan UKM, dibutuhkan kesabaran, ketekunan serta butuh link dengan pemberi modal,” kata Ahmad.

Menurut dia, permasalahan tersebut juga terjadi pada UKM Empang Sari dan UKM Mitra Multi Tani Lestari di Desa Cialam Jaya dan Desa Lambusa Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan yang saat ini menjadi Mitra sekaligus menjadi UKM binaan UMK. Melalui program PPUD yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, UMK melalui tim pelaksana program telah melakukan pembinaan agar kedua UKM yang bergerak pada usaha budidaya perikanan air tawar tersebut dapat semakin berdaya saing dan mandiri, “Kami rutin melakukan pembinaan dan salaing sharing pada 2 UKM itu, dan alhamdulillah sudah ada perkembangan,” tutur Ahmad.

Sementara itu, Salah satu pelaksana program PPUD UMK, Dr. H. Abdul Aziz Muthalib mengatakan bahwa pembinaan kepada para UKM akan dilakukan selama tiga tahun, “Tahun ini adalah tahun kedua, semoga sampai dengan tahun ketiga semua permasalahan UKM mitra dapat teratasi termasuk permasalahan tata kelola keuangan usaha yang menjadi masalah umum pelaku UKM, sehingga UKM nantinya dapat mandiri,” tuturnya.

Hal senada juga sampaikan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMK, Fajriah, S.Pi., M.Si. Menurutnya, pembinaan kepada para UKM Perikanan sangat penting dilaksanakan, karena masa depan perikanan ada pada subsektor budidaya, “Pembinaan UKM perikanan budidaya ini merupakan langkah strategis untuk menjawab tuntutan masa depan sektor perikanan,” tandasnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top