Pariwara
Konawe Selatan

Perbup Atur Penanganan Konflik Sosial di Konsel

KAMALUDDIN/KENDARI POS
PANCASILA : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kanan) menyaksikan penandatanganan peraturan terkait penanganan konflik sosial dan nota kesepahaman berbasis masyarakat.

KENDARIPOS.CO.ID — Workshop aktualisasi nilai-nilai Pancasila digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Saat membuka kegiatan tersebut, Bupati, H. Surunuddin Dangga didamping Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Sjarif Sajang, menegaskan, kegiatan itu penting dilakukan, khususnya bagi penyelenggara negara maupun warga masyarakat.

“Karena pancasila merupakan dasar negara, pandangan hidup, jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia yang penting dalam berkehidupan bermasyarakat, bernegara. Nilai-nila Pancasila dapat menjadi filter dari pengaruh negatif globalisasi,” kata Surunuddin, Senin (10/9) lalu.

Makanya, pemerintah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) melalui Perpres nomor 54 tahun 2017 yang berada langsung di bawah koordinasi presiden dalam merumuskan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian ideologi. “Kegiatan ini akan kita laksanakan berkesinambungan. Baik untuk unsur ASN maupun masyarakat. Termasuk regulasi Perbup yang kita keluarkan sebagai tindak lanjut pelaksanaan undang-undang RI nomor 7 tahun 2012 dan Permendagri 42 tahun 2015 tentang pelaksanaan koordinasi PKS,” papar Konsel-1 itu di hadapan peserta dan Kepala Badan Kesbangpol, H. Amran Aras.

Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penanganan konflik sosial (PKS) dan nota kesepahaman PKS berbasis masyarakat. Kerja sama tersebut dilakukan antara Pemkab dengan Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kerukunan Umat Beragama dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat. “Deteksi dan pencegahan dini terhadap kemungkinan yang terjadi dan dapat mengancam Kamtibmas perlu diantisipasi. Tentu dengan peran aktif pemerintah, TNI dan Polri bersama masyarakat,” tandas Surunuddin. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top